• Follow Us On : 

Ridwan: SMPN Madani Pekanbaru Fokuskan Pembinaan Tahfiz Alquran

Ridwan: SMPN Madani Pekanbaru Fokuskan Pembinaan Tahfiz Alquran H. Ridwan MPd
Rabu, 31 Juli 2019 - 07:16:06 WIB
Pekanbaru (Bingkai Riau) - SMPN Madani Pekanbaru merupakan sekolah umum yang berbasis Islami di Kota Pekanbaru sesuai program Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru dan visi misi Walikota Pekanbaru, Dr Firdaus ST MT, yakni "Smart City Madani". Dimana, Pemko Pekanbaru ingin Pekanbaru menjadi kota metropolitan yang madani menuju masyarakat sejahtera berlandaskan Iman dan 
Taqwa. 
 
"Salah satu upaya Pemko Pekanbaru mewujudkan hal itu, Pemko Pekanbaru melalui Dinas Pendidikan (Disdik) Pekanbaru membuat terobosan baru, yakni mendirikan sekolah umum, namun berbasis agama dengan konsep boarding yaitu SMPN Madani Pekanbaru," ujar Kepala SMPN Madani Pekanbaru H Muhammad Ridwan MPd.
 
Ridwan menyampaikan, sekolah ini memiliki program unggulan keagamaan, yakni Tahfidz Alquran. Sekolah yang beralamat di Jalan Kasah, Marpoyan Damai itu fokus pada program tahfiz dan keagamaan dengan tujuan membentuk generasi muda berkarakter keagamaan dan berakhlak mulia.
 
"Meskipun sekolah umum, namun kami fokus pada pengembangan ilmu agama, salah satunya program tahfiz. Dimana para siswa diwajibkan memiliki hapalan 5 juz selama satu tahun ajaran. Artinya, selama tiga tahun menuntut ilmu di sini (SMPN Madani, red) mereka akan memiliki hapalan alquran sebanyak 15 juz,'' ungkapnya. 
 
Ridwan menambahkan, program hafiz alquran ini juga sejalan dengan visi SMPN Madani yakni terwujudnya peserta didik Madani yang berakhlak mulia, berprestasi, Hafizd Alqur’an dan berwawasan lingkungan. Untuk proses penghapalannya, setiap harinya siswa menyetorkan hasil hafalan berupa absensi daftar surat yang telah dikhafalkan serta rutin setiap bulan.
 
"Setiap sebulan sekali hapalan para siswa akan diuji para ustad atau penanggungjawab program. Itu dilakukan agar para siswa bisa mengontrol hapalannya sembari memenuhi target hapalan," tambah Ridwan.
 
Ia meyampaikan, selain pendidikan umum, siswa di sini diajarkan untuk fokus pada program kegamaan yang dilaksanakan rutin setiap bulan, guna mematangkan pendidikan keagamaanya. Salah satu dari beberapa program keagamaan yakni kaligrafi, shalat wajib dan shalat sunah berjamaah, shalat malam, gerakan literasi sekolah untuk pembentukan karakter dan pembinaan akhlak yang dibimbing guru berkompeten di bidang agama Islam. (ade)

Akses www.bingkairiau.com Via Mobile m.bingkairiau.com
TULIS KOMENTAR
BERITA TERKAIT
BERITA LAINNYA
BERGABUNG DI SINI
KABAR POPULER