• Follow Us On : 

SMK Telkom Pekanbaru Lepas Siswa PKL, Faisal: Semoga Ilmu Didapat Bermanfaat

SMK Telkom Pekanbaru Lepas Siswa PKL, Faisal: Semoga Ilmu Didapat Bermanfaat
Senin, 13 Januari 2020 - 10:53:43 WIB
Pekanbaru (Bingkai Riau) - Untuk lebih memahami dunia industri dan dunia kerja, sebanyak 104 siswa SMK Telekomunikasi (Telkom) Pekanbaru diberikan pembekalan sekaligus dilepas untuk mengikuti Praktek Kerja Lapangan (PKL). Acara pelepasan ini digelar di lapangan sekolah oleh Kepala SMK Telkom Pekanbaru Muhammad Faisal SPd, Senin (13/01/2020).
 
Menurut Ketua Pelaksana PKL SMK Telkom Pekanbaru Ricky Rikardo, 104 siswa dan siswi ini akan melaksanakan PKL di 35 dunia usaha dan dunia industri (DuDi) yang ada di Pekanbaru. Dijelaskannya, yang akan melaksanakan PKL ini dari jurusan, Akuntansi, TKR dan TSM.
 
"Ya periode ke dua ini kita berangkatkan siswa PKL sebanyak 104 orang dari 3 jurusan. Pada tahun ini siswa PKL tidak hanya di perusahaan yang ada di Riau melainkan juga siswa ada yang melaksanakan PKL diluar Riau. Alhamdulillah Siswa kita ada yang magang di PT Inalum Sumatra Utara," ujar Ricky.
 
Ricky mengatakan, Praktek Kerja Lapangan ini merupakan proses pembelajaran di dunia usaha dan dunia industri yang sudah ditetapkan dan diagendakan setiap tahun bagi siswa kelas XI. "Jadikan prakerin ini wadah pembelajaran sekaligus mengaplikasikan ilmu yang sudah di terima di sekolah," katanya.
 
Ia juga mengimbau, agar seluruh siswa dan siswi melaksanakan PKL dengan penuh disiplin, tanggungjawab serta mengikuti seluruh aturan yang telah di tetapkan DuDi maupun instansi pemerintah dan swasta tersebut.
 
"Pelepasan siswa untuk mengikuti kegiatan PKL dilakukan dalam rangka untuk memperkenalkan siswa terhadap dunia usaha dan dunia industri selama enam bulan kedepan. Kegiatan ini juga untuk memperkenalkan mereka ke dunia usaha dan dunia industri karena anak SMK dilatih untuk berwirausaha," jelas Ricky.
 
Sementara Kepala SMK Telkom Pekanbaru Muhammad Faisal SPd menyampaikan, dalam kegiatan PKL siswa diberikan kesempatan untuk mengetahui sendiri tentang dunia usaha sehingga ketika siswa menamatkan pendidikan tidak ada kendala yang dihadapi di dunia kerja nanti. 
 
"Sehingga mereka tahu sendiri suka duka di dunia kerja. Karena di dunia kerja tidak selalu berjalan mulus. Selalu ada suka dan dukanya serta tantangan yang mereka hadapi," tutur Faisal.
 
Faisal juga mengatakan, selesai PKL tentunya mereka dijamin sudah mempunyai keahlian sesuai dengan jurusan mereka. Dimana, siswa harus menyesuaikan dengan kemajuan perkembangan zaman saat ini, sehingga dia bisa dipakai di dunia kerja.
 
"Saya berharap, ilmu yang mereka dapat dari sekolah bisa diterapkan didunia kerja saat melakukan PKL nantinya. Sikap disiplin dan kejujuran juga ditanamkan agar mereka dalam praktek nanti bisa membawa nama baik sekolah. Sikap prilaku siswa yang baik dan disiplin, menjadi modal mereka agar bosa bertanggung jawab apa yang dilakukan nanti," harapnya. 
 
Pelepasan PKL ditandai dengan pemasangan Name Tag oleh kepala SMK Telkom di dampingi oleh Waka Humas dan Waka Kurikulum SMK Telkom Pekanbaru. (ade)
 
Akses www.bingkairiau.com Via Mobile m.bingkairiau.com
TULIS KOMENTAR
BERITA TERKAIT
BERITA LAINNYA
BERGABUNG DI SINI
KABAR POPULER