• Follow Us On : 

Advertorial Pemkab Kampar

Kita Sangat Optimis Mendapatkan Piala Adipura

Kita Sangat Optimis Mendapatkan Piala Adipura Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Kampar Cokro Aminoto sedang bersemangat membersihkan sampah bersama tim.
Selasa, 08 Mei 2018 - 12:58:04 WIB
KAMPAR (Bingkai Riau) - Kita sangat optimis untuk mendapatkan piala Adipura dikota Bangkinang dan oleh sebab itu kepada seluruh Camat, Lurah/Kades, masyarakat serta seluruh stokhoder terkait untuk mendukung upaya kita untuk mendapatkan piala Adipura dikota Bangkinang.  Tanpa dukungan seluruh elemen tersebut kita tidak bisa mendapatkan apa yang diharapkan, kata Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Kampar Cokro Aminoto baru – baru  ini di ruangan kerjanya kepada Bingkairiau.com.
 
Dukungan masyarakat sampai ini cukup bagus, hal tersebut dibuktikan bahwa masyarakat telah membuang sampah pada tempat yang kita sediakan. Sekarang ini kita sedang berusaha agar masyarakat bisa memisahkan sampah yang berasal dari plastik, tempat pecah belah, botol, karton dan koran dan semua sampah ini bisa dijual dan kita telah menyediahkan Bank sampah dan masyarakat bisa menjual sampah tersebut ke Bank sampah.
 
Kita juga telah melakukan sosialisasi kepada masyarakat tentang sampah yang bisa dikelolah untuk dijadikan kerajinan tangan dan bisa bernilai ekonomis untuk masyarakat, serta menambah pendapatan dalam rumah tangga. Mudah – mudahan atas dukungan seluruh lapisan masyarakat kita bisa mendapatkan piala Adipura, kata Cokro Aminoto.
 
Mengenai bebas dari sampah telah  kita canangkan pada awal bulan  Febuari tahun 2018 kemaren dengan tagline Brosio bisa yo dan dicanangkan oleh Bupati Kampar. Sosialisasi menjaga kebersihan sudah kita lakukan dan mudah – mudahan kota Bangkinang bersih dari sampah dengan bekat dukungan seluruh elemen masyarakat.
 
Walaupun Banyak Saingan Untuk Mendapatkan Piala Adipura
Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Kampar Cokro Aminoto
 
Sampai saat ini kelemahan kita untuk meraih piala  Adipura boleh dikatakan tidak ada, dan hanya ketika tim turun kemaren disaat kita mendapatkan sertifikat Adipura dan mereka menilai bahwa kita belum melampaui untuk penilaian standar Adipura hanya standar sertifikat. Untuk tahun 2017 dan 2018 ketika tim Pantau Satu masuk dan hasil nilai kita yang kita dapatkan informasinya melebih nilai   dan nilai tersebut sudah masuk katagori Pantau Dua untuk masuk penilaian piala Adipura.
 
Diterangkan lebih lanjut oleh Cokro Aminoto, untuk penilaian piala Adipura 74 dan hasil penilain kita sudah melibih dan nilai nya 75,18 dan setelah kita evaluasi kinerja kita  setelah penerimaan sertifikat Adipura dan apa yang menjadi kekurangan kita selama ini telah kita benahi dan hasil sudah memuaskan dan hanya menunggu hasilnya saja nanti.
 
Kinerja kita setelah meraih sertifikat Adipura sudah menunjukan angka yang bagus dan sekarang ini kita sedang masuk penilaian untuk piala Adipura, walaupun untuk mendapatkan piala Adipura cukup banyak saingan dengan kota – kota lain yang ada di Sumatra, ungkap Cokro Aminoto. “Walaupun banyak saingan dengan kota – kota besar yang ada pulau Sumatra kita yakin untuk mendapatkan piala Adipura tersebut,” terangnya.
 
Untuk masuk kepantau Dua hanya sedikit di Riau, terdiri – dari, Siak, Bengkalis, Bangkinang dan Pangkalan Kerinci dan hanya 4 kota yang masuk katagori pantau Dua di  Riau.  Menurut informasi yang kita dapatkan sementara, bahwa nilai kita sudah melebih dari nilai pantau Satu. Untuk kebersihan TPA (Tempat Pembuang Akir) sampah kita cukup bersih dan tim penilai cukup sangat terkejut dengan kebersihan TPA kita yang ada sekarang ini. TPA kita termasuk TPA terbaik di Riau.
 
 
Kepudulian Masyarakat Juga Diharapkan
Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Kampar Cokro Aminoto sedang memantau kebersihan pasar Inpres Bangkinang.
 
 
Kita minta kepada seluruh elemen masyarakat dan  organisasi yang membuat acara keramaian tolong koordinasikan sama Dinas Lingkungan Hidup (DLH) agar kebersihan bisa terjaga setelah acara. Selagi organisasi dan masyarakat tersebut melaporkan kegiatan mereka kepada kita dan kita siap membantu mereka untuk melakukan pembersihan sampah.
 
Kalau mereka membuat acara tidak melaporkan kepada kita dan bagai mana kita tahu sampah tempat kegiatan mereka. Kita himbau kepada masyarakat yang membuat acara keramaian didalam kota Bangkinang agar memberitahu kepada DLH Kampar dan kami bisa membantu kebersihan sampah dan kami bisa meletakan anggota disana dan termasuk kontainer sampah, seru Cokro Aminoto.
 
Sampai saat ini masih ada kelemahan, seperti sampah dari masyarakat yang membuang sampah secara utuh ketempat tong sampah dan tanpa memilah sampah dari rumah. Tong sampah bukan kewajiban Pemerintah menyediahkan untuk setiap  rumah atau dijalan pemukiman perumahan, termasuk didepan kios dan Ruko didalam kota, hal tersebut bukan kewajiban Pemerintah untuk menyediahkan  tong sampah.
 
Diterangkan lebih lanjut oleh Cokro Aminoto, setiap izin linkungan setiap usaha wajib mengelolah sampah nya sendiri dan sekarang masih banyak ditemukan kurang kesadaran masyarakat menyediah tong sampah didepan kios dan Rukonya. Masyarakat masih banyak membuang sampah kepada tong sampah yang kita sediahkan sehingga sampah tersebut berlimpah  keluar.
 
Kita juga merasahkan, belum patuhnya kesadaran masyarakat untuk membuang sampah  pada waktunya, masih ditemukan masyarakat membuang sampah pada siang hari. Seharusnya masyarakat membuang sampah pada malam hari atau secepatnya selesai Magrib sehingga tong sampah pada siang hari tidak ada sampah.
 
Dilain sisi petugas kita melakukan pengangkutan sampah dari tong sampah dan TPS (Tempat Pembuangan Sampah Sementara) pada pagi hari ke TPA (Tempat Pembuangan Akir) sampah. Kita mengharapkan seluruh masyarakat agar membuang sampah dari rumah atau dari kios dan Rukonya pada malam hari ketempat tong sampah, sehingga kota Bangkinang terhindar dari sampah pada siang hari. Agar masyarakat bisa menyimpan sampah keluarganya dirumah masing – masing pada siang hari dan dibuang ke tong sampah atau TPS pada malam hari, seru Cokro Aminoto. (yl)

Akses www.bingkairiau.com Via Mobile m.bingkairiau.com
TULIS KOMENTAR
BERITA TERKAIT
BERITA LAINNYA
BERGABUNG DI SINI
KABAR POPULER