• Follow Us On : 

SMK Farmasi Ikasari Pekanbaru Laksanakan Uji Kompetensi Kimia Industri Dengan LSP

SMK Farmasi Ikasari Pekanbaru Laksanakan Uji Kompetensi Kimia Industri Dengan LSP
Rabu, 17 Maret 2021 - 10:28:11 WIB
Pekanbaru (Bingkai Riau) - Untuk meningkatkan kompetensi lulusan Kimia Industri makanan, mulai tahun ini SMK Farmasi (SMKF) Ikasari Pekanbaru melaksanakan uji kompetensi Kimia Industri yang dilakukan dengan Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP). 
 
Menurut Ketua Program Studi (Kaprodi) SMKF Ikasari Pekanbaru, Yulia Andriana S.Si, uji kompetensi dengan LSP ini menggunakan acuan KKNI Level II Kimia Industri. Dimana pada KKNI ini, calon lulusan Kimia Industri diharapkan nantinya bisa menjadi operator peralatan-peralatan sesuai dengan unit-unit kompetensi yang ditetapkan pada KKNI. 
 
"Untuk itu, SMKF Ikasari Pekanbaru melengkapi peralatan-peralatan yang sesuai dengan cluster-cluster nya. Cluster yang diujikan adalah ekstraksi, distilasi, Heat Exchanger (HE) dan Grinding and sizing," ujar Yulia.
 
Dikatakannya, saat ini siswa dan guru bekerja di laboratorium yang terstandar, menerapkan manajemen dan konsep 5R/S, aksebilitas yang lancar, efektifitas, effisiensi, K3, good house keeping terlaksana dengan baik. Sehingga siswa dan guru merasa aman dan nyaman bekerja di laboratorium, meskipun menggunakan bahan-bahan kimia berbahaya," ungkapnya.
 
Sementara Kepala SMK Farmasi Ikasari Pekanbaru, Endria Erman S.Si menyampaikan, saat ini sekolah sedang menyiapkan tenaga kerja yang terampil dan siap dalam memenuhi tuntutan kompetensi yang harus dimiliki lulusan SMK untuk dapat diterima bekerja di dunia usaha/industri dan mempersiapkan siswa dalam menghadapi persaingan dunia industri 4.0 khususnya pada Kompetensi Keahlian Kimia Industri.
 
"Tahun ini merupakan tahun pertama jurusan Kimia Industri mengikuti uji kompetensi Kimia Industri yang dilakukan LSP. Dengan dilaksanakan uji kompetensi ini, kita berharap selain berjalan dengan lancar, juga agar peserta didik dapat lulus dengan nilai yang memuaskan," ujar Endria.
 
Ditambahkan Endria, sarana yang representatif dan sesuai standar salah satu syarat peningkatan kompetensi siswa dan guru. 
 
"Untuk itu, saat ini labor di SMKF Ikasari sudah berbenah, alat-alat yang dimiliki labor kimia terapan sudah lengkap sesuai dengan KKNI level II Kimia Industri. Alat alat laboratorium di SMKF Ikasari Pekanbaru sudah standar pabrik dalam ukuran mini," ungkapnya. 
 
Ketua Laboratorium (Kalab) SMKF Ikasari Pekanbaru, YA Andika Desparesi ST MT menjelaskan, dengan dilengkapinya peralatan-peralatan yang sesuai dengan unit-unit kompetensi yang ditetapkan pada KKNI, peserta didik dituntut untuk bisa mengoperasikan peralatan-peralatan yang ada.
 
"Target kita tahun depan, agar lulusan SMKF Ikasari Pekanbaru mempunyai sertifikat kompetensi dari BNSP. Selain itu, siswa juga mempunyai prinsip dari ilmu alat tersebut. Intinya peralatan sudah lengkap, selain target lulusan kita akan mengadakan work shop untuk kelas IX SMP. Tujuannya untuk menarik mereka berminat masuk ke SMKF Ikasari Pekanbaru," tutur Andika. (ade)
 

Akses www.bingkairiau.com Via Mobile m.bingkairiau.com
TULIS KOMENTAR
BERITA TERKAIT
BERITA LAINNYA
BERGABUNG DI SINI
KABAR POPULER