• Follow Us On : 

Buang Sampah Sembarangan, Zulfikri: Kesadaran Masyarakat Masih Rendah

Buang Sampah Sembarangan, Zulfikri: Kesadaran Masyarakat Masih Rendah Kepala DLHK Kota Pekanbaru, Zulfikri
Kamis, 12 Oktober 2017 - 10:42:02 WIB
PEKANBARU (Bingkai Riau) - Meski Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Pekanbaru sudah melakukan sosialisasi kepada masyarakat untuk tidak membuang sampah dari Jam 06.00 WIB sampai 18.00 WIB, nyatanya hingga saat ini masih banyak ditemukan oknum masyarakat yang membuang sampah sembarangan.
 
Padahal, jika sesuai Peraturan Daerah (Perda) nomor 8 tahun 2014 tentang pengelolaan sampah, masyarakat yang membuang sampah sembarangan bisa kenakan sanski denda sebesar Rp2,5 juta sampai Rp50 juta.
 
Menanggapi masih adanya oknum masyarakat yang masih membuang sampah sembarang tempat dan di luar jam yang sudah ditentukan, Kepala DLHK Kota Pekanbaru, Zulfikri langsung angkat suara. Ia menyebutkan, masyarakat yang membuang sampah sembarangan karena minim kesadaran mereka tentang kebersihan.
 
"Kan sudah dilarang buang sampah sembarangan. Jam buang sampah juga sudah ditentukan, masa masih buang sampah sembarangan. Kita harapkan kesadaran dari masyarakat lah. Mari jaga kebersihan dan jangan buang sampah sembarangan," kata Zulfikri, Kamis (12/10/2017).
 
Dikatakan Zulfikri, menjaga kebersihan Kota Pekanbaru bukan hanya tugas pemerintah saja. Masyarakat Pekanbaru juga harus mendukung dan terlibat bersama-sama.
 
"Kalau masyarakat tak mau repot-repot buang sampah, letakkan saja depan pagar rumah, biar kami yang ambil. Jangan malah dibuang disembarang tempat," ujarnya.
 
Saat ditanyakan mengenai masih belum efektifnya peran dari Satgas Kebersihan DLHK dalam menangkap dan memberikan sanksi oknum masyarakat yang membuang sampah sembarangan, Zulkifli hanya menjawab singkat.
 
"Bukan belum efektif. Tapi Satgas kami yang berjumlah 24 orang itu hanya berjaga di 15 titik dari 12 Kecamatan. Jadi kurang terjangkau. Disitulah peran masyarakat juga harus saling membantu dan mendukung," cakapnya.
 
Menurutnya, dengan keterbatasan mobil operasional dan jumlah personil, pihaknya sudah bekerja maksimal dalam membersihkan sampah di Kota Pekanbaru.
 
"Maksimalnya Satgas kebersihan itu 50 sampai 100. Sekali lagi, mari kita jaga lingkungan kita dan jangan buang sampah sembarangan," tukasnya. (brc)
 
Sumber: Cakaplah.com
Akses www.bingkairiau.com Via Mobile m.bingkairiau.com
TULIS KOMENTAR
BERITA TERKAIT
BERITA LAINNYA
BERGABUNG DI SINI
KABAR POPULER