150 Siswa PKBM Hang Tuah Pekanbaru Antusias Ikut UNBK

Pekanbaru (Bingkai Riau) - Sebanyak 150 siswa Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Hang Tuah Pekanbaru antusias mengikuti Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) Paket C. Ujian dilaksanakan di SMAN 1 Pekanbaru, Jumat (12/04/2019).
 
Menurut Kepala PKBM Hangtuah Pekanbaru Andi M Amir SPd, kegiatan UNBK digelar selama empat hari mulai Jumat (12/04) dan berakhir Senin (15/04) 2019. Pelaksanaan UNBK berjalan dengan lancar dan tertib.
 
"Ini tahun ketiga kami melaksanakan UNBK. Hari pertama ini jadwalnya Bahasa Indonesia dan Geografi untuk jurusan IPS serta Bahasa Indonesia dan Kimia untuk jurusan IPA," ujar Andi.
 
Andi menambahkan, jumlah ruangan yang digunakan sebagai tempat ujian sebanyak 4 ruangan untuk 2 sesi. Dia berharap peserta didiknya mendapatkan hasil terbaik dalam ujian tersebut. 
 
"Harapannya perhatian masyarakat lebih optimal mengenai keberadaan pendidikan nonformal, khususnya pendidikan kesetaraan," ungkapnya.
 
Disampaikannya, sebelum pelaksanaan juga diadakan beberapa kali simulasi, mulai dari simulasi USBN dan simulasi UNBK. Itu sebabnya, para peserta UNBK yang berasal dari PKBM Hang Tuah tidak mengalami kesulitan dalam mengikuti ujian. 
 
Andi mengatakan PKBM Hang Tuah yang dibina bertujuan untuk membantu dan mengembangkan SDM masyarakat. Karena itulah peserta didik dari PKBM Hang Tuah cukup antusias dan penuh semangat ketika ikuti UNBK yang diadakan di SMAN 1 Pekanbaru.
 
"Saat peserta didik ini waktu belajar di PKBM Donal, siswa kita berikan penjelasan bahwa ijazah Paket C yang akan diproleh mereka legalitasnya sama atau setara dengan ijazah SMA sederajat. Ijazah itu diakui dan sah secara hukum. Bisa digunakan juga untuk persyaratan bekerja," kata Andi. (ade)