• Follow Us On : 

SMPN 34 Lakukan Simulasi, Uji Kesiapan Siswa Dalam menghadapi UNBK 2019

SMPN 34 Lakukan Simulasi, Uji Kesiapan Siswa Dalam menghadapi UNBK 2019
Rabu, 06 Februari 2019 - 17:39:33 WIB
Pekanbaru (Bingkai Riau) - SMPN 34 Pekanbaru salah satu Sekolah Menengah Pertama di Pekanbaru yang melaksanakan kegiatan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tahun ini. Salah satu upaya sekolah membiasakan siswa menggunakan komputer dengan melaksanakan simulasi.
 
Plt Kepala SMPN 34 Pekanbaru, Hj Rima Pepitra MM mengatakan, simulasi ini merupakan hal yang sangat bermanfaat bagi siswa untuk meningkatkan kemampuan dan kesiapan siswa dalam menghadapi UNBK 2019. 
 
"Ini merupakan simulasi perdana serta pelaksanaan UNBK pertama di SMPN 34 Pekanbaru. Saya sangat menyambut baik simulasi UNBK ini," kata Rima.
 
Menurutnya, tahun ini beda dengan tahun yang terdahulu, dimana tahun lalu masih berbasis kertas dan pensil (UNKP) namun tahun ini sudah berbasis komputer. Sebelumnya, sekolah sudah melakukan pembiasaan UNBK yang sudah dilaksanakan semenjak bulan Januari.
 
"Pembiasaan ini untuk melatih, mengenali dan membiasakan siswa dengan kumputer dalam menjawab soal-soal yang dibuat oleh guru dan sesuai dengan kisi-kisi ujian nasional. Sehingga,  mereka terbiasa dengan komputer dan tidak canggung lagi," ungkapnya. 
 
Lebih jauh disampaikannya, pembiasan tersebut dilaksanakan setiap hari Sabtu dan akan berlangsung sekitar 10 kali lagi menjelang UNBK. "Untuk jadwal pembiasaan ini, sekolah akan menyesuaikan dengan jadwal yang diberikan SMK Pertanian," ujar Rima. 
 
Sementara, Wakil SMPN 34 Pekanbaru Hasna Eli SPd menjelaskan, untuk tahun ini, jumlah siswa yang mengikuti kegiatan sebanyak 234 orang dengan dua kali sesi untuk empat ruangan. Sedangkan, untuk pembiasaan dibagi tiga ruangan untuk tiga sesi.
 
"Alhamdulillah kita diterima baik oleh pihak SMK Pertanian. Sementara, siswa peserta Simulasi UNBK 2019 terlihat sangat antusias mengikuti kegiatan ini. Mereka (siswa, red) menggangap simulasi ini membuat siswa terbiasa menggunakan perangkat sekaligus untuk mengukur kemampuan siswa dalam pembelajaran," jelas Eli.
 
Eli mengucapkan terimakasih kepada Panitia pelaksana kegiatan yang sudah memberikan arahan dan bimbingan serta beberapa fasilitas penunjang kepada SMPN 34 Pekanbaru.
 
"Alhamdulillah kegiatan simulasi berjalan lancar. Dengan adanya kegiatan simulasi ini diharapkan kemampuan siswa dalam menggunakan perangkat komputer akan semakin baik dan terarah," harapnya. (ade)

Akses www.bingkairiau.com Via Mobile m.bingkairiau.com
TULIS KOMENTAR
BERITA TERKAIT
BERITA LAINNYA
BERGABUNG DI SINI
KABAR POPULER