• Follow Us On : 

Masyarakat Indonesia Harus Memiliki Wawasan Kebangsaan yang Tinggi

Masyarakat Indonesia Harus Memiliki Wawasan Kebangsaan yang Tinggi Anggota Komisi VI DPR RI Dr. H. Jon Erizal, SE. MBA, memberikan materi.
Selasa, 20 Desember 2022 - 17:38:01 WIB

Pekanbaru (Bingkairiau.com), Anggota Komisi VI DPR RI Dr. H. Jon Erizal, SE. MBA, meminta agar masyarakat indonesia harus memiliki wawasan kebangsaan yang tinggi sehingga tidak mudah di pengaruhi oleh budaya asing. Hal itu diungkapkan Jon Erizal saat menjadi narasumber dalam kegiatan Sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan di Hotel Bono Pekanbaru Riau,14 Desember 2022. 

 
Jon Erizal menjelaskan tentang bagaimana Setiap bangsa harus memiliki suatu konsepsi dan konsensus bersama menyangkut hal-hal fundamental bagi keberlangsungan, keutuhan dan kejayaan bangsa yang bersangkutan.  
 
JE Melanjutkan, Kita dapat memahami esensi atau hakekat wawasan kebangsaan. Wawasan bermakna kemampuan untuk memahami atau memandang suatu konsep tertentu sesuai dengan konsep atau pokok pikiran yang terkandung didalamnya. Sedangkan kebangsaan adalah tindak tanduk kesadaan dan sikap yang memandang diri sebagai suatu kelompok bangsa yang sama dengan keterikatan sosiokultural yang disepakati bersama. 
 
Oleh karena itu, hakekat wawasan kebangsaan adalah terletak pada sudut atau cara pandang seseorang atau kelompok untuk memahami jati diri sebagai suatu bangsa dalam memandang dirinya dan bertingkah laku sesuai dengan falsafah hidup dalam lingkungan internal maupun eksternal, Ungkap JE. 
Ketua Fraksi PAN MPR RI menambahkan, Bangsa Indonesia harus bangga memiliki Pancasila sebagai ideologi yang bisa mengikat bangsa lndonesia yang demikian besar dan majemuk.
 
Putra Bengkalis ini menjelaskan, Keberhasilan suatu bangsa dalam mencapai tujuannya, tidak hanya ditentukan oleh dimilikinya sumberdaya alam yang melimpah ruah, akan tetapi sangat ditentukan oleh kualitas sumberdaya manusianya. Bahkan ada yang mengatakan bahwa bangsa yang besar dapat dilihat dari kualitas/karakter bangsa (manusia) itu sendiri. Dilihat dari suatu manajemen suatu organisasi, maka unsur manusia merupakan unsur yang paling utama dibandingkan unsur-unsur lainnya.
 
Di Akhir materinya Jon Erizal Mengajak masyarakat untuk terus belajar tentang memahami wawasan kebangsaan sehingga bisa mengisi ruang-ruang pembangunan di negara indonesia dengan wawasan yang baik. Kegiatan di akhiri dengan photo bersama dan bersalaman bersama peserta kegiatan.

Akses www.bingkairiau.com Via Mobile m.bingkairiau.com
TULIS KOMENTAR
BERITA TERKAIT
BERITA LAINNYA
BERGABUNG DI SINI
KABAR POPULER