• Follow Us On : 

Tahun Ini, 10 SMP di Pekanbaru Sudah Terapkan Full Day School

Tahun Ini, 10 SMP di Pekanbaru Sudah Terapkan Full Day School Sekretaris Disdik Kota Pekanbaru, Muzailis (ade)
Sabtu, 27 Juli 2019 - 15:08:08 WIB
Pekanbaru (Bingkai Riau) - Tahun pelajaran 2019/2020, sebanyak 10 SMP Negeri di Kota Pekanbaru siap menerapkan sistem Full Day School atau lima hari sekolah berbasis Penguatan Pendidikan Karakter (PPK). Kesiapan tersebut sudah melalui pendataan yang dilakukan Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Pekanbaru.
 
Sekretaris Disdik Kota Pekanbaru, Drs H Muzailis mengatakan, secara umum kurikulum yang dipakai di sekolah yang menerapkan full day school atau yang tidak menerapkan full day school tidak jauh berbeda. "Kurikulum sama, hanya pelaksanaannya diatur lima hari," kata Muzailis.
 
Menurut Muzailis, bagi sekolah lain yang ingin menerapkan lima hari sekolah, harus mempertimbangkan kecukupuan pendidik dan tenaga kependidikan, ketersediaan sarana dan prasarana. "Intinya kesiapan sekolah, utamanya sarpas (sarana dan prasarana), SDM, dan juga siswa," ungkapnya.
 
Sementara Kasi Kurikulum dan Penilaian SMP Dinas Pendidikan Kota Pekanbaru, Kamala Sia Rio Nita menambahkan, dengan jumlah hari yang lebih pendek, sekolah harus tetap bisa memenuhi beban muatan kurikulum sekaligus menjalankan penguatan karakter bagi siswa.
 
"Salah satunya ialah keberadaan pekerjaan rumah bagi siswa yang sudah melaksanakan sekolah selama lima hari. Karena itu, pihak sekolah benar-benar diminta menyusun perencanaan yang matang. Anak full time tidak lepas dari bimbingan guru, itu yang harus siap betul," ujar Kamala. 
 
Kamala membeberkan, 10 sekolah yang telah menerapkan full day school di antaranya, SMPN 1, SMPN 3, SMPN 5, SMPN 10, SMPN 13, SMPN 14, SMPN 16, SMPN 17, SMPN 20 dan SMPN 32. (ade)
 

Akses www.bingkairiau.com Via Mobile m.bingkairiau.com
TULIS KOMENTAR
BERITA TERKAIT
BERITA LAINNYA
BERGABUNG DI SINI
KABAR POPULER