Dr. H. Jon Erizal, S.E M.B.A memberikan materi

Ketua Fraksi PAN MPR RI Dr. H. Jon Erizal, S.E M.B.A telah menggelar acara sosialisasi Empat Pilar

Pekanbaru (Bingkairiau) Dalam upaya memperkuat identitas bangsa dan persatuan dalam keragaman, Ketua Fraksi Partai Amanat Nasional Majelis Permusyawaratan Rakyat Republik Indonesia (F-PAN MPR RI) Dr. H. Jon Erizal, S.E M.B.A telah menggelar acara sosialisasi Empat Pilar di Hotel Bono Jalan Riau No. 103 Pekanbaru, Sabtu, 2 September 2023.

 

Acara yang berlangsung dengan antusiasme tinggi ini menghadirkan Tokoh Riau T. Zulmizan F. Assegaf, Akademisi Riau Rama Fandrifal dan Tokoh Pemuda Pekanbaru Tri Wahono serta 150 orang Masyarakat dari Kelurahan Pulau Karomah Kecamatan Sukajadi Pekanbaru.

 

Acara sosialisasi ini merupakan bagian dari upaya MPR RI untuk meningkatkan pemahaman masyarakat tentang Empat Pilar, yaitu Pancasila, Undang-Undang Dasar 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), dan Bhinneka Tunggal Ika. Empat Pilar tersebut adalah pondasi kuat yang mengikat bangsa Indonesia dalam perbedaan suku, agama, budaya, dan bahasa.

 

Dr. H. Jon Erizal, S.E., M.B.A, Ketua F-PAN MPR RI, dalam sambutannya mengungkapkan pentingnya memahami dan mengamalkan nilai-nilai Empat Pilar dalam kehidupan sehari-hari. "Empat Pilar adalah landasan moral dan ideologis negara kita. Dengan memahaminya, kita dapat memperkuat persatuan dan kebhinekaan, serta menciptakan masyarakat yang adil, makmur, dan beradab," kata pria yang akrap disapa JE ini.

 

Pancasila adalah fondasi penting bagi negara Indonesia. Sebagai Ideologi dasar, Pancasila mencerminkan nilai-nilai penting bagi persatuan, keadilan, toleransi dan kesejahteraan masyarakat.

“Ini menjadi panduan yang sangat berharga dalam memahami dan membangun bangsa Indonesia. Semangat Pancasila mengajarkan kepada kita semua untuk menjaga persatuan dalam keragaman dan berperan aktif dalam membangun negara yang lebih baik”, tambahan jon dalam paparannya.

 

Selama acara sosialisasi, peserta diberikan pemahaman mendalam tentang makna dan relevansi masing-masing Pilar dalam konteks kehidupan modern. Ada juga sesi diskusi yang memberi kesempatan kepada peserta untuk berbagi pandangan dan pengalaman mereka tentang bagaimana Empat Pilar ini dapat diterapkan dalam berbagai aspek kehidupan, termasuk pendidikan, ekonomi, dan kerukunan antaragama.

 

Nurhidayat salah seorang peserta acara, mengatakan, "Sosialisasi Empat Pilar ini sangat bermanfaat. Ini mengingatkan kita semua akan pentingnya persatuan dalam keragaman dan memberikan panduan yang kuat untuk memahami dan menjalankan prinsip-prinsip dasar negara kita".

 

Acara sosialisasi Empat Pilar MPR RI ini diharapkan akan menjadi awal yang baik untuk peningkatan pemahaman masyarakat tentang nilai-nilai yang mengikat bangsa Indonesia, serta memperkuat kerukunan dan persatuan dalam beragam aspek kehidupan