Ketua Kapinsaka Dirgantara Nasional Tyas Nur Adi Air Scout Camp (ASC) Tahun 2023 di Lanud Sulaiman, Bandung (2/9/2023)

Saka Dirgantara Rsn Ikuti Air Scout Camp di Bandung

Bandung (Bingkai Riau) - Satuan Karya Pramuka (Saka) Dirgantara Roesmin Nurjadin (Rsn) ambil bagian di Air Scout Camp di Bandung. Di kegiatan yang digelar selama lima hari dan ditutup Sabtu (1/9/2023) tersebut, Saka Dirgantara Rsn mengikuti semua materi yang diberikan.

Pamong Saka Dirgantara Roesmin Nurjadin, Yuliana Efendi mengaku secara pribadi bersyukur sekali ikut dalam kegiatan Asc ini.

"Harapannya Asc ini  tetap terselenggara setiap tahunnya sebagai ajang pertemuan dan bertukar pengalaman antar peserta didik. Pasalnya, tidak semua Lanud memiliki fasilitas yang sama. Kegiatan ini juga untuk memotivasi adik adik  semakin giat latihan dan menimba ilmu di satuannya," kata  Yuli.

Pada kegiatan ini, Saka Dirgantara Kota Pekanbaru mengirimkan  8 orang yang terdiri dari 1 pamong  putra dan 1 pamong putri, 1 putera dan 5 puteri yang berasal dari Kota Pekanbaru Provinsi Riau.

Sementara itu Kepala Pusat Potensi Kedirgantaraan TNI AU (Kapuspotdirgaau) Marsma TNI Tyas Nur Adi, selaku Ketua Pimpinan Satuan Karya (Kapinsaka) Dirgantara Nasional, saat menutup kegiatan menjelaskan bahwa Asc 2023 merupakan ajang pertemuan anggota Saka Dirgantara se -Indonesia. Agenda ini bertujuan untuk lebih menarik minat peserta tentang potensi-potensi dirgantara Indonesia yang dipadu dengan kegiatan kepramukaan dengan kegiatan peningkatan kemampuan individu ataupun berkelompok.

"Kegiatan Asc  bertujuan  menyiapkan anggota Saka Dirgantara  ketingkat yang lebih tinggi dalam bidang kepramukaan dan menyiapkan kekuatan mendukung ketahanan udara," ujar  Tyas.

Dijelaskan, selama lima hari, sebanyak 203 peserta dari 20 Lanud di seluruh Indonesia, mengikuti kegiatan kepramukaan. Mereka mendapatkan berbagai materi, yaitu survival dasar, pemadam kebakaran, pengetahuan drone, pengetahuan black box, psikologi lapangan, jurit malam dan api unggun.

"Terimakasih setinggi-tingginya kepada semua pihak yang sudah mendukung kegiatan ini dengan harapan kegiatan air scout camp dapat bermanfaat dimana pun kita berada", jelasnya