Rapat Final kesiapan Konda Riau mengikuti Raimuna Nasional XII. Selasa, 8/8/2023. diawali Laporan Ketua Pinkonda yang juga Ketua DKD Riau Raka Teguh Pratama

Rapat Final Konda Riau, Persiapan Ikuti Rainas XII Sudah 100 Persen

Pekanbaru (Bingkai Riau) - Pimpinan Kontingen Daerah (Pinkonda) Riau Raimuna Nasional (Rainas) XII menggelar rapat final, Selasa (8/8/2023) di aula Kwarda Riau. Disampaikan bahwa persiapan Konda Riau sudah 100 persen. 

 
Rapat final ini mengagendakan persentase kesiapan Konda Riau mengikuti Rainas XII di Bumi Perkemahan Pramuka Cibubur Jakarta Timur, 14-21 Agustus 2023 mendatang.
 
Ketua Pinkonda Riau yang juga Ketua Dewan Kerja Daerah (DKD) Riau, Raka Teguh Pratama menyampaikan dalam persentasenya di hadapan Wakil Ketua Kwarda Bidang Pembinaan Anggota Muda kak Jon Haril, Wakil Ketua Bidang Usaha, Dana dan Hubungan Kelembagaan kak Yuyun Hidayat, Sekretaris Kwarda kak Indra Irianto, Andalan Kwarda dan unsur kontingen lainnya. 
 
"Alhamdulillah persiapan kita mengikuti Raimuna Nasional XII sudah 100 persen dan tinggal berangkat saja lagi. Kontingen Riau berjumlah 446 orang yang terdiri dari peserta 400 orang, Pinkon, Bindam dan tenaga kesehatan 38 orang, Pinkonda dan staf 8 orang," kata Raka.
 
Ia memaparkan mulai dari logo kontingen daerah Riau, personel yang akan ikut serta, stand pameran, display pameran dan souvernir Kwarda Riau, pentas seni kontingen, kit kontingen, transportasi dan akomodasi, training center dan pelepasan kontingen.
 
Sementara itu, Wakil Ketua Kwarda bidang Binamuda kak Jon Haril dalam arahannya menyampaikan agar apa yang sudah direncanakan komitmen untuk melaksanakannya.
 
"Rencana yang sudah dibuat, komitmen melaksanakannya. Ada hal-hal yang urgen, komunikasikan. Jangan sampai tidak ada keputusan," kata kak Jon sembari berharap kegiatan yang diikuti berjalan lancar. 
 
Waka Kwarda Bidang Usaha, Dana dan Hubungan Kelembagaan kak Yuyun Hidayat dalam sambutannya menyampaikan agar Pinkonda Riau memiliki visi, misi dan tema di Rainas XII.
 
"Adik-adik harus punya visi, misi, tujuan dan punya tema di Rainas nanti. Jangan hanya ikut saja," kata kak Yuyun.
 
Dirinya juga menyisipkan beberapa pesan. Pertama minta membangkitkan semangat teman-teman di daerah. Kedua menyatukan persepsi.
 
"12 Kwarcab tidak sama pemikirannya. Itu menjadi tugas Raka dan kak Jon mencoba menyatukan mereka karena mereka merupakan agen of change tentang Riau. Jika kita tidak bisa menyatukan ya begitu-begitu saja. Ketiga, jangan lupa selalu happy," pesan anggota DPRD Provinsi Riau ini.
 
Ia mengucapkan selamat bertugas Pinkonda Riau dan kepada adik-adik yang akan berangkat Rainas XII. "Pergi pulang membawa keberkahan dan Insya Allah pergi pulang selamat," tuturnya. 
 
Sebagaimana diketahui, Raimuna Nasional adalah ajang pertemuan bagi Pramuka Penegak dan Pandega seluruh Indonesia berusia 16-25 tahun yang bertujuan membina persaudaraan, memperkuat persatuan dan kesatuan, melestarikan kebudayaan, serta meningkatkan kualitas generasi muda dalam kegiatan Pramuka Penegak dan Pandega sebagai bekal untuk mencapai standar kecakapan di masa depan. Tema Rainas XII adalah Pramuka Hebat Indonesia Bangkit.
 
Hadir dalam acara rapat final, unsur Kontingen Daerah Riau, Andalan Daerah kak Vera, kak Dahliyusmanto, kak Robby Tri Adriansyah.
  1.