Event Religi Ghatib Beghanyut di Sungai Siak kembali di Gelar

SIAK (Bingkai Riau) - setelah Vakum selama 2 tahun Terakhir, Event Ghatib Beghanyut (Dzikir Beranyut) di Sungai Siak, Kabupaten Siak akan kembali digelar.

Event Religi Ghatib Beghanyut merupakan Agenda Tahunan yang digagas oleh Lembaga Adat Melayu Riau (LAMR) Kabupaten Siak bersama Dinas Pariwisata Kabupaten Siak.

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Siak melalui Kepala Bidang Pemasaran Dinas Pariwisata Kab. Siak H. Basriansyah, ST, MT mengatakan, Tahun ini Event Ghatib Beghanyut akan diawali dengan Ziarah Kubur ke Makam-makam Raja atau Sultan Siak,(20/9/22).

"Insya Allah acara akan digelar pada hari Rabu, 21 September 2022, yang dimulai pada pukul 07.30 wib pagi, semua Undangan akan berkumpul di Gedung LAMR Kabupaten Siak, untuk menuju ke Makam Raja Siak yang pertama,yaitu "Sultan Abdul Jalil Rahmadsyah" yg bergelar"Raja Kecik" ungkapnya.

H.Basriansyah, ST, MT juga mengatakan,ada beberapa Ketua Lembaga Adat di wilayah Sumatera yang di Undang, seperti Masyarakat Adat (MAA) Aceh Tamiang Kabupatem Aceh Tamiang, Ketua Adat Deli Serdang, Serdang Bedagai, Batubara dan lain-lain, namun mereka ada yang sudah membalas Undangan, nampaknya sejauh ini belum bisa hadir di karenakan beberapa hal, atau ada kendala lainnya.

Agenda Kegiatan Ghatib Beghanyut rencananya dimulai dari pagi sampai malam, sementara untuk Ghatib (Dzikir) nya akan dilaksanakan pada malam harinya, jika tak ada kendala dengan menggunakan Kapal Ferry beghanyut dari Pelabuhan LLASDP Siak hingga ke daerah Pelabuhan Belantik Siak, pungkasnya.

Bagi Masyarakat yang ingin Ikut atau Menyaksikan Event Ghatib Beghanyut di Sungai Siak ini, saksikan pada Rabu malam dan berkumpul di Pelabuhan Lalu Lintas Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (LLASDP) Kota Siak, atau disepanjang Sungai Jantan Siak, tutupnya.@nd