Walikota Pekanbaru, DR Firdaus MT.

Ketika Firdaus Pesimis Soal Usulan Penambahan CPNS

Pekanbaru (Bingkai Riau) - Rencana Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru untuk meminta penambahan jumlah Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) ke Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) sebanyak 2.333 sulit terkabulkan.
 
"Permintaan tersebut agaknya sulit dikabulkan. Saat ini kebijakan Pemerintah Pusat malah mengurangi jumlah PNS dari 4 juta jiwa menjadi 3 juta jiwa," kata Walikota Pekanbaru, Firdaus, Jumat (18/8/2017).
 
Dikatakan Firdaus, Pemerintah Pusat ingin meningkatkan kualitas Aparatur Sipil Negara (ASN), bukan kuantitas. "Sekarang bukan zamannya lagi padat karya tapi melakukan efisiensi dengan perangkat teknologi. Dengan begitu, ASN akan berkurang secara alami karena memasuki masa pensiun," ujarnya.
 
Meski tidak semua rekrutmen PNS dapat dilakukan Pemko Pekanbaru, namun Firdaus menyebut peluang di bukannya penerimaan PNS di Pemko Pekanbaru tidak semuanya tertutup.
 
"Masih ada beberapa rekrutmen PNS di bidang pelayanan, pendidikan, kesehatan dan bagi sarjana teknik untuk berkarya memajukan infrastruktur. Itu yang kita utamakan," tukasnya.
 
Sumber: cakaplah.com