Maknai Hari Kemerdekaan, SMPN 15 Pekanbaru Berkreasi Dengan Lomba Hias Tong Sampah

Pekanbaru (Bingkai Riau) - SMPN 15 Pekanbaru, menggelar beberapa kegiatan lomba dalam rangka memeriahkan HUT Kemerdekaan ke-73 RI. Kegiatan ini diikuti siswa dan guru yang dilaksanakan di lingkungan sekolah, Sabtu (18/08/2018).
 
"Lombanya diselenggarakan sehari ini saja. Mulai dari lomba joget balon, lempar balon berisi air guru, tarik tambang, isi air dalam paralon, makan kerupuk dan lomba menghias tong sampah," ujar Kepala SMPN 15 Pekanbaru, Muhammad Yunus.
 
Yunus menambahkan, tahun ini ada yang berbeda untuk perlombaannya. Yaitu, lomba menghias tong sampah. "Lomba ini melatih anak-anak hidup bersih dan menjaga lingkungan selalu tetap bersih," ungkapnya.
 
Menurut Yunus, seluruh kalangan masyarakat termasuk generasi muda dan pelajar memiliki tanggung jawab terhadap persoalan kebersihan lingkungan. "Saya berharap, lomba melukis tong sampah ini akan meningkatkan minat warga sekolah dalam membuang sampah," harap Yunus.
 
Sementara itu, lanjutnya, melalui permainan rakyat ini, diharapkan kepada masyarakat dan warga sekolah bisa memupuk rasa nasionalisme dan cinta Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Pasalnya, membangun bangsa dan negara ini harus dilakukan secara bersatu tanpa membedakan sara (suku, agama, ras). 
 
"Dengan demikian, apa yang menjadi cita-cita bersama Bangsa dan Negara Republik Indonesia ini akan dapat terwujud. Jadi mari kita isi pembangunan negara dan kota ini, sesuai dengan kemampuan dan keahlian yang kita miliki," jelasnya. (ade)