Syafrida Ali (ist)

Pelaksanaan USBN di SMPN 12 Pekanbaru Lancar dan Kondusif

Pekanbaru (Bingkai Riau) - Pelaksanaan Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) hari ke lima, di SMPN 12 Pekanbaru berjalan lancar, tertib dan kondisif. Sebanyak 275 siswa mengikuti ujian yang dibagi dalam 14 ruangan, dalam satu ruangan itu diisi oleh 20 orang siswa, ditambah pengawas dua orang yang berasal dari internal sekolah.
 
"Jadi dihari ke lima USBN ini mata pelajaran yang diujiankan itu Matematika. Kami telah mempersiapakan siswa secara akademik maupun secara mental sebelum pelaksanaan ujian dengan memberikan jam tambahan belajar sekolah," kata Kepala SMPN 12 Pekanbaru Syafrida Ali SPd.
 
Ia menambahkan, tambahan jam belajar itu dilaksanakan bukan hanya untuk mempersiapkan siswa untuk mengikuti USBN, tetapi juga untuk mengikuti Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) yang akan dilaksanakan beberapa waktu kedepan.
 
Syafrida menjelaskan, total mata pelajaran yang diujiankan pada pada USBN ini ada 10 mata pelajaran, masing-masing pelajaran yang tidak masuk di UNBK namun diujikan di USBN. "Pelaksanaan USBN sesuai rencana yang dilaksanakan mulai Senin (08/4/2019) hingga Sabtu (13/04/2019) besok," tuturnya.
 
Menurut Ida sapaan akrab Syafrida Ali, USBN ini jika dibandingkan dengan UNBK lebih menjadi perhatian sekolah. Pasalnya, USBN menjadi penentu kelulusan sekolah sementara UNBK hasilnya digunakan hanya untuk pemetaan kualitas pendidikan di Indonesia.
 
"Saya berharap, anak-anak bisa melaksanakan ujian dengan lancar dan mendapatkan hasil yang memuaskan. Terkait target sekolah, kita menginginkan peningkatan nilai dari tahun sebelumnya. Mudah-mudahan hingga akhir pelaksanaan USBN nanti, tetap berjalan lancar dan aman," harap Ida. (ade)