Selain Dijual, Ada Juga Pulau RI yang Disewakan Lewat Internet

Jakarta (Bingkai Riau) - Situs privateislandsonline.com kini menjadi sorotan. Laman ini menawarkan penjualan pulau di beberapa negara di dunia, termasuk Indonesia. 
 
Berdasarkan penelurusan detikFinance, laman ini menjual Pulau Ajab di Kepulauan Riau dan Pulau Tojo Una-Una di Sulawesi Tengah. Pulau Ajab yang jaraknya hanya 20 menit dari perairan Bintan dijual dengan harga US$ 3,3 juta atau sekitar Rp 44,5 miliar (kurs: Rp 13.500/dolar).
 
Ini juga bukan kali pertama situs ini mengiklankan pulau di Indonesia dijual. Tahun 2012 lalu, privateislandsonline.com juga menjual Pulau Gambar di barat daya Kalimantan, satu lagi pulau Gili Nanggu di Lombok, Nusa Tenggara Barat.
 
Pada tahun 2009, ada tiga pulau di Kabupaten Kepulauan Mentawai yang ditawarkan di situs Privateislandonline.com, yakni Pulau Makaroni, Pulau Kandui dan Pulau Siloinak.
 
Selain menawarkan penjualan pulau di Indonesia, laman ini juga menawarkan penyewaan pulau. detikFinance mendapati lima pulau Indonesia yang disewakan. Kelima pulau tersebut, antara lain Pulau Nikoi di Bintan, Pulau Macan di Kepulauan Seribu, Pulau Joyo di Riau, Pulau Pangkil di Bintan, dan Pulau Kaliage Kecil di Kepulauan Seribu.
 
Di laman tersebut juga dijelaskan secara detail mengenai luas pulau serta akses menuju ke sana. Pulau Nikoi misalnya yang memiliki luas 15 hektar dan terletak 8 kilometer (km) dari Bintan dan kurang dari 85 km dari Singapura yang cocok untuk tempat bulan madu, memancing, hingga berlibur bersama keluarga.
 
Sumber: Detik.Com