• Follow Us On : 

Karhutla di Rohil, Heli Superpuma Turun Padamkan

Karhutla di Rohil, Heli Superpuma Turun Padamkan
Rabu, 16 Juni 2021 - 12:25:35 WIB
Rokan Hilir (Bingkai Riau) - Helikopter milik APP Sinar Mas membantu pemadaman kebakaran hutan dan lahan lahan milik masyarakat di Desa Momugodan Rantau Bais Kecamatan Tanah Putih Kabupaten Rokan Hilir, Senin (14/6).
 
Fire Operasional Management (FOM) Head Priyo mengatakan, dukungan pemadam dengan menurunkan Helikopter Superpuma PK DAI (Warna Putih) dengan kapasitas ember sekali angkut air 5000 liter untuk Water bombing ini setelah menerima informasi hasil patroli karhutla dari Satgas Karhutla Riau.
 
Karena titik api ditemukan di luar konsesi perusahaan, Satgas Karhutla meminta bantuan PT Arara Abadi-APP Sinar untuk pemadaman api di Desa Momugo Kecamatan Tanah Putih itu.
 
"Sudah komitmen kami untuk membantu pemadaman kebakaran lahan, dan lokasi berada sekitar lebih kurang 750 meter dari luar konsesi kita di Kelurahan Kayu Kapur, Kecamatan Bukit Kapur Dumai," kata Priyo, Selasa.
 
Koordinator Perencanaan Penanganan Karhutla PT Arara Abadi-APP Sinar Mas Decha AF Hane menambahkan bahwa untuk membantu pemadaman karhutla ini dikerahkan pemadam darat sebanyak 1 regu tim reaksi cepat 8 orang dan 1 regu pemadam kebakaran.
 
Helikopter dan personel lapangan PT Arara Abadi telah melakukan water bombing sekaligus mendukung tim darat hingga api padam sebanyak 29 kali bombing atau water drops.
 
Sementara, Babinsa Momugo Pelda E Purba mengatakan, kebakaran lahan seluas 2 hektare ini terjadi pada Senin kemarin dan langkah penanganan dilakukan koordinasi dengan tim regu pemadam kebakaran PT Arara Abadi dan masyarakat serta masyarakat peduli api setempat.
 
"Kita apresiasi dukungan PT Arara Abadi dan masyarakat peduli api dalam upaya bersama pengendalian dan menjaga kebakaran lahan ini. Masyarakat terus diimbau agar tidak melakukan pembakaran untuk membuka lahan," kata E Purba.
 
Babinsa Rantau Bais Koramil 02 Tanah Putih Sersan Mayor Jhon F Sinaga juga menyebut bahwa sampaikan terimakasih kepada PT Arara Abadi yang telah menurunkan tim lapangan dengan cepat untuk mengatasi kebakaran di Desa Rantau Bais.
 
"Harapan kami kedepan agar gerak cepat yang dilakukan tim reaksi cepat PT Arara Abadi ini patut dicontohi dan kita sangat terbantu di lapangan," sebut Babinsa Serma Jhon.
 
Kondisi saat ini api telah padam, namun tim RPK PT Arara Abadi dan Babinsa Momugo dan Danramil Tanah Putih masih di lapangan untuk menyisir lokasi guna memastikan api padam.
 
sumber: riau.antaranews.com

Akses www.bingkairiau.com Via Mobile m.bingkairiau.com
TULIS KOMENTAR
BERITA TERKAIT
BERITA LAINNYA
BERGABUNG DI SINI
KABAR POPULER