• Follow Us On : 

Pansus RIPPAR DPRD Kab.Bengkalis Menghadiri Undangan Dinas Pariwisata Provinsi Riau

Pansus RIPPAR DPRD Kab.Bengkalis Menghadiri Undangan Dinas Pariwisata Provinsi Riau
Selasa, 15 Juni 2021 - 17:30:17 WIB

BENGKALIS ( Bingkai Riau ) - Dalam upaya mendukung Pengembangan potensi Pariwisata di Kabupaten Bengkalis,yang harus di selaraskan dengan Provinsi dan Pusat,Dewan Perwakilan Daerah Kabupaten Bengkalis,melalui Pansus Rencana Induk Pembabgunan Kepariwisataan ( RIPAR )DPRD Kabupaten Bengkalis,Menghadiri Undangan Dinas Pariwisata Provinsi Riau.

Melansir dari Laman Humas DPRD Kabupaten Bengkalis,(14/6),Pansus RIPPAR DPRD Kabupaten Bengkalis,menghadiri undangan Dinas Pariwisata Provinsi Riau untuk melakukan koordinasi,terkait dengan Rencana Induk Pembangunan Kepariwisataan Kabupaten Bengkalis (RIPPAR), Senin (14/06/2021).

Dua Pimpinan DPRD yaitu,Syahrial dan Syaiful Ardi, turut mendampingi Anggota Pansus,dalam upaya mendukung pengembangan potensi pariwisata di Kabupaten Bengkalis.

H. Adri,selaku ketua pansus mengatakan,untuk membangun pariwisata di Kabupaten Bengkalis tidak bisa berjalan sendiri, harus selaras dengan provinsi dan pusat maka untuk membangun wisata Rupat harus ada integrasi bersama.

"Destinasi wisata juga tidak akan berkembang dengan baik jika infrastruktur jalan tidak ada, perlu ada solusi dari provinsi untuk mengatasinya, saya juga berharap layanan Roro Dumai ke Rupat dapat ditambah," ujarnya.

Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Riau,Roni Rakhmat menjelaskan, bahwa Provinsi sudah membuat Rencana Induk Pariwisata Provinsi Riau dan sudah disetujui oleh pimpinan, saat ini sedang pada tahap pembuatan Perda, Insyaallah dalam waktu dekat sudah disetujui oleh DPRD Provinsi Riau.

Ada beberapa zona pariwisata yaitu, kawasan zona Riau Pesisir dan kawasan Riau Daratan,untuk mempermudah baik karakteristik dan wilayah,Ada beberapa fokus dalam pembinaan pariwisata, seperti ekowisata, wisata sejarah, termasuk juga wisata alam yang terbagi sampai 6 kelompok secara rinci.

Bengkalis termasuk dalam zona wilayah sejarah melayu,baik dari Siak, dan sekitarnya,Untuk Wisata Laut juga Bengkalis termasuk dalam kawasan pengembangan, yang menjadi prioritas pembangunan patiwisata paling utama Riau adalah Rupat,karena menjadi Pusat KSPN di Provinsi Riau,Kemudian Ada 3 titik yang menjadi prioritas kedua,yaitu Siak Sejarah kesultanan, Kampar kawasan daerah Muara Takus, dan titik Bono.

"Apa yang kita kerjakan di Bengkalis dan Provinsi sebenarnya sudah linier,Kami sepakat Bengkalis ini tidak terlepas dari sejarah Kerajaan Siak, Historikal berkaitan dengan Belanda juga masih ada di Bengkalis," Ujar Wakil Ketua Syahrial menanggapi.

Bengkalis punya peninggalan sejarah, yaitu adanya makam Datuk Laksamana Raja dilaut di Bukit Batu yang belum diangkat menjadi destinasi wisata,maka dibutuhkan bantuan provinsi.

"Desa Muntai Barat membuat Ekowisata dengan membuat Wisata Pantai Raja Kecik, ini nanti menjadi hal yang kami sinkronkan dengan RIPPAR,Kemudian, Zapin Api yang ada di Rupat,ini jika anak cucunya sudah tidak ada, maka Zapin Api akan Punah,"tutur Syahrial,memaparkan destinasi wisata Bengkalis yang belum tersentuh tangan pemerintah.

"Artinya semua itu harus ada pendampingan khusus dari provinsi, Rupat punya 3 gelar, seharusnya mendapatkan yang terbaik tetapi perkembangan sampai sekarang ini tidak ada," tutup Febriz Luwu.(hpdprdkab.bks)@nd

Akses www.bingkairiau.com Via Mobile m.bingkairiau.com
TULIS KOMENTAR
BERITA TERKAIT
BERITA LAINNYA
BERGABUNG DI SINI
KABAR POPULER