• Follow Us On : 

Buka Bimtek Gudep Ramah Lingkungan, Kwarnas harapkan start pelestarian LH dimulai dari Riau

Buka Bimtek Gudep Ramah Lingkungan, Kwarnas harapkan start pelestarian LH dimulai dari Riau Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka yang diwakili oleh Sekretaris Komisi Pengabdian Masyarakat Irawan Laliasa menyerahkan piagam penghargaan kepada Ketua Kwarda Riau HM Azaly Djohan pada pembukaan Bimtek Gudep Ramah Lingkungan, Minggu malam, 24/10/2021 di Siak
Senin, 25 Oktober 2021 - 19:17:01 WIB

Siak Sri Indrapura (Bingkai Riau) – Ketua Kwartir Nasional (Kwarnas) Gerakan Pramuka yang diwakili oleh Sekretaris Komisi Pengabdian Masyarakat Irawan Laliasa membuka Bimbingan Teknis (Bimtek) Gugusdepan (Gudep) Ramah Lingkungan pada Minggu malam, 24/10/2021 bertempat di Balairung Datuk Empat Suku kediaman Bupati Siak.

 

“Kegiatan dilaksanakan mulai tanggal 24 s.d 27 Oktober 2021 bertempat di Kabupaten Siak dan diikuti oleh utusan Kwarda se-Sumatera, Kwarcab se-Daerah Riau dan Kwarran se-Kabupaten Siak” kata Ketua Panitia Joko Pujiono.
 
Hadir saat pembukaan Koordinator wilayah I Sumatera Jufri Efendi, Andalan Kwarnas Bayu Tresna, Sonny Sanjaya, Ketua Harian Mabida Riau Masrul Kasmy, Ketua Kwarda Riau HM Azaly Djohan, Wakil Bupati Siak Husni Merza, Ketua Panitia Joko Pujiono, Ketua Harian Kwarcab Siak Jamaluddin dan undangan lainnya. 
 
Bupati Siak yang diwakili oleh Wakil Bupati Siak Husni Merza dalam sambutannya menyampaikan semenjak dikeluarkannya surat keputusan Kwarnas nomor 106 tahun 2017 tentang panduan program Gudep ramah lingkungan, semenjak itulah Kwarcab Siak melaksanakan kegiatan pengelolaan lingkungan diup sekaligus memberikan bukti dukungan dalam menciptakan Kabupaten Siak hijau.
 
“Tahun 2021 ini merupakan tahun ke 4 pelaksanaan kegiatan pembinaan dan penilaian Gudep ramah lingkungan” kata Husni Merza.
“Kabar yang mengejutkan dan membanggakan bagi kami Pemerintah Kabupaten Siak, di tahun 2021 Kwarcab Siak telah ditetapkan oleh Kwarnas sebagai Kwarcab penerima penghargaan kepeloporan implementasi Gugusdepan ramah lingkungan yang terintegrasi dan merupakan Kwarcab satu-satunya di Indonesia penerima penghargaan tersebut” tambahnya.
 
“Untuk itu dalam kesempatan ini, ucapan terimakasih kami sampiakan kepada Kwarnas, Kwarda dan semua pihak yang turut memberikan andil dalam mendukung kegiatan kepramukaan di Kabupaten Siak, semoga Allah SWT memberikan balasan kepada kita semua” ujarnya.
 
“Marilah kita hidupkan dan bumikan Gerakan Pramuka bukan hanya di Kabupaten Siak tapi di seluruh tanah air Indonesia, sebagai wujud pendidikan karakter bagi siswa-siswi di daerah kita dalam rangka menyongsong Kabupaten Siak sebagai Kabupaten Pramuka di Provinsi Riau pada tahun 2023” ajaknya.
 
“Selanjutnya terkhusus kepada Kwarnas kami sampaikan ucapan terimakasih atas ditunjuknya Kwarcab Siak sebagai tempat dilaksanakannya Bimtek Gudep Ramah Lingkungan sekaligus percontohan di Indonesia” tambahnya.
 
Koordinator Wilayah I Sumatera Jufri Efendi menyampaikan bahwa baru kali ini lah kegiatan Koordinator wilayah Sumatera yang dilaksanakan di Siak dalam rangka Bimtek Gudep ramah lingkungan se-Sumatera.
 
“Memang sangat tepat dan sangat-sangatlah tepat dan tidak dapat dinafikan karena memang menjadi contoh bagi Kwarda Aceh, Kwarda seluruh Sumatera dan Kwarcab-Kwarcab karena Kwarcab Siak ini merupakan yang mendapatkan penghargaan Gugusdepan ramah lingkungan” Kata Jufri. 
 
“Peserta dapat membawa pulang Gudep ramah lingkungan dan Gugusdepan ramah lingkungan ini juga kita tularkan ke seluruh Sumatera” tambahnya.
 
“dalam pembinaan Gudep, unsur ramah lingkungan harus menjadi perhatian yang pertama sekali karena dalam perkembangannya seringkali kegiatan kepramukaan apakah di tingkat Kwartir Cabang atau di Gugusdepan, masalah lingkungan hidup kurang terperhatikan” jelasnya.
 
“Belakangan ini saja baru kita melaksanakan kegiatan kerpamukaan dengan membawa tumbler sendiri”.
 
Sekretaris Komisi Abdimas Irawan Laliasa dalam sambutannya menyampaikan program yang dilakukan oleh Kwarnas melalui abdimas mengadopsi inisiasi program dari Kwarda dan Kwarcab.
 
“Seperti contohnya tadi Kampung Pramuka yang menjadi revitalisasi pengabdian masyarakat” kata Irawan Laliasa.
 
“Revitalisasi yang baru untuk memperkuat dan mengembangkan, 3 rumah ini akan direvitalisasi menjadi pengabdian masyarakat, kalau yang tadi itu Jukran 230 rumahnya Pramuka Peduli, kamarnya ada 3.
 
Revitalisasi itu rumahnya pengabdian masyarakat, lebih besar dari rumah pertama tadi yang kamarnya tiga yakni sumber daya manusia, pelestarian lingkungan hidup dan penanggulangan bencana, digabung menjadi satu” jelasnya.
 
“kamar yang kedua yang ada di revitalisasi adalah Kampung Pramuka sebagaimana yang sudah disampaikan oleh Wakil Bupati Siak tadi” tambahnya.
 
“Kwarnas berharap start pengembangan pelestarian lingkungan hidup harus berangkat dari Riau berangkat dari Kwarcab Siak” harapnya.  
Irawan Laliasa yang pernah sebagai Ketua Kwarcab dan saat ini juga sebagai Ketua Kwarda Sulawesi Tenggara mengharapkan antara Mabi dan Kwartir satu kesatuan serta program pelestarian lingkungan hidup di Kwartir dan berjenjang serta menyesuaikan RPJMD nya Kabupaten.
 
“di dalam materi nantinya ada rencana tindak lanjut (RTL) sesuai dengan tugas pokok kita masing-masing, kalau kita berada di Kwarcab berarti RTL kita apa kebijakan Kwarcab, kalau kita berada di Kwarda apa kebijakan Kwarda, dan kalau kita Pembina Gudep apa kebijakan Gudep dalam pengelolaan Gudep ramah lingkungan” jelasnya.
 
“Saya ucapkan selamat mengikuti Bimtek ini, dengan ucapan Bismillahirrahmanirrahiim, Bimtek Gudep Ramah Lingkungan Regional Sumatera saya nyatakan dibuka dengan resmi”ucapnya.
 
Pada saat pembukaan kegiatan diberikan berbagai penghargaan yakni pemberian piagam penghargaan pelaksanaan kegiatan penanggulangan pandemi Covid-19 selama tahun 2020-2021 oleh Sekretaris Komisi Abdimas Kwarnas kepada Ketua Kwarda Riau, piagam penghargaan pelaksanaan kegiatan pengabdian masyarakat selama tahun 2019-2021 oleh Andalan Nasional Sonny Sanjaya kepada Wakil Ketua Kwarda Riau bidang Abdimasgana dan LH Joko Pujiono, piagam penghargaan atas keikutsertaan anggota Gerakan Pramuka sebagai duta perubahan perilaku dalam penanggulangan pandemi Covid-19 selama tahun 2020-2021, dan piagam penghargaan sebagai kepeloporan dalam implementasi Gugusdepan ramah lingkungan yang terintegrasi oleh Sekretaris Komisi Abdimas kepada Ketua Harian Kwarcab Siak Jamaluddin.
 
Penghargaan juga diberikan kepada Gugusdepan Terbaik I, II, dan III Gudep Ramah Lingkungan tingkat Kwarcab Siak tahun 2021 oleh Wakil Bupati Siak. Adapun penerimanya adalah terbaik I diraih oleh Gugusdepan 04-043 dan 04-044 SMP Negeri 3 Tualang, terbaik II diraih oleh Gugusdepan 03-039 dan 03-040 SMA Negeri 1 Minas dan terbaik III diraih oleh Gugusdepan 09-023 dan 09-024 SMA Negeri 1 Lubuk Dalam.
 
Selain itu juga, Kwarda Riau memberikan cenderamata kepada perwakilan peserta Bimtek utusan Kwarda se-Sumatera dan Pemerintah Kabupaten Siak memberikan cenderamata kepada Kwarnas dan Kwarda Riau.
Akses www.bingkairiau.com Via Mobile m.bingkairiau.com
TULIS KOMENTAR
BERITA TERKAIT
BERITA LAINNYA
BERGABUNG DI SINI
KABAR POPULER