• Follow Us On : 

Ajarkan Siswa Berdemokrasi, SMPN 33 Pekanbaru Gelar Pemilihan Ketua OSIS

Ajarkan Siswa Berdemokrasi, SMPN 33 Pekanbaru Gelar Pemilihan Ketua OSIS saat pelaksanaan pemilihan di kotak suara (ist)
Senin, 08 Oktober 2018 - 10:45:36 WIB
Pekanbaru (Bingkai Riau) - Dalam upaya pembelajaran demokrasi kepada siswa, SMPN 33 Pekanbaru menggelar pemilihan Ketua Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS), Senin (08/10/2018). Kegiatan berlangsung tertib dan diikuti oleh 5 kandidat ketua dan wakil ketua OSIS. 
 
Menurut Kepala SMPN 33 Pekanbaru, Wijayanti Sriutari Spd kegiatan tersebut untuk mendidik seluruh siswa dan siswi tentang cara berdemokrasi. Pemilihan seperti ini sudah berlangsung tiap tahun atau merupakan agenda tahunan.
 
"Sampai saat ini masih proses pemilihan ketua OSIS, yang dilaksanakan secara demokratis. Dengan cara pemilihan secara langsung oleh seluruh warga sekolah. Pemilihan tersebut dimulai dari kelas VIII, IX dan diakhiri dengan kelas VII.  Kemudian sore hari dilakukanlah penghitungan yang disaksikan semua siswa dan di dampingi para saksi," ujar Wijayanti. 
 
Wijayanti menambahkan, pemilihan Ketua OSIS diselenggarakan secara pemilihan umum. Tujuannya, membuat siswa mengetahui tahapan pemilu yang dilaksanakan setiap lima tahunan. Dimulai dari pendaftaran nama calon, seleksi, penetapan nama calon, kampanye dan debat kandidat bagi calon ketua OSIS.
 
"Pemilihan Ketua OSIS layaknya Pemilu merupakan kegiatan rutin tiap tahun di SMPN 33 Pekanbaru. Tujuannya memberikan pendidikan demokrasi dan mengenalkan siswa-siswi sejak dini tentang tahapan dalam Pemilu," ungkapnya.
 
Lebih jauh disampaikannya, tampak kepala sekolah beserta guru dan seluruh siswa antusias mengikuti kegiatan itu. Pemilihan ini juga bertujuan supaya anak didik menjadi terbiasa dalam mengikuti pemilihan apapun, untuk menyalurkan hak suaranya.
 
Wijayanti berharap, kandidat yang bersaing dapat menerima apapun hasil yang diperoleh dan yang terpilih nantinya menjadi sosok dapat memberi contoh positif bagi teman-temannya. 
 
"Semoga ketua Osis yang baru terpilih nanti, dapat mengemban amanah selanjutnya dan organisasi SMPN 33 Pekanbaru semakin maju. Dengan momen bersejarah ini, sangat bermanfaat bagi siswa dan siswi SMPN 33 Pekanbaru ke depannya," ungkap Wijayanti. 
 
Adapun nanti yang memiliki suara terbanyak otomatis langsung menjadi ketua Osis dan suara terbanyak kedua akan menjadi wakilnya. Kelima kandidat tersebut adalah: 
1. Sultan Zaki
2. Dimas setiawan
3. Putri Ayu
4. Fernando
5. Nakhesya. 
 
Penulis: Ade

Akses www.bingkairiau.com Via Mobile m.bingkairiau.com
TULIS KOMENTAR
BERITA TERKAIT
BERITA LAINNYA
BERGABUNG DI SINI
KABAR POPULER