SMAN 16 Pekanbaru Gelar Pameran Seni Kontemporer dan Modern

Pekanbaru (Bingkai Riau) - SMAN 16 Pekanbaru menggelar kegiatan Pameran Seni Kontemporer dan Modern, dalam rangka pembelajaran mata pelajaran seni budaya dan PKWU(Prakarya & Kewirausahaan). Kegiatan ini diselenggarakan di Aula SMAN 16 Pekanbaru, Selasa (5/02/2024).

Acara berlangsung sangat meriah semua peserta dan dewan guru sangat antusias, dalam sambutannya Kepala SMAN 16 Pekanbaru, Dr Hj Nurhafni MPd sangat mengapresiasi kegiatan ini, kegiatan yang sangat positif dalam meningkatkan kreatifitas siswa.

"Untuk pagelaran seni menampilkan hasil karya seni kontemporer dan modern oleh seluruh kelas XII baik dari MIPA maupun IPS " ujar Kepala SMAN 16 Pekanbaru, Dr Hj Nurhafni MPd

Ada beberapa karya siswa berbasis digitalisasi dan ini merupakan implementasi Merdeka Belajar serta menanamkan nilai-nilai profil Pancasila. Diantaranya ada gotong royong, mandiri, kreatif, Bernalar kritis, Berkebinekaan global, berakhlak mulia (akhlak kepada manusia dan akhlak kepada alam) muncul dalam gelar karya.

Nurhafni juga mengucapkan terima kasih kepada bapak ibu guru serta seluruh siswa-siswi SMAN 16 Pekanbaru yang telah mendukung penuh dan memeriahkan acara ini, sehingga kegiatan ini berjalan dengan sukses.

"Guna menghargai karya-karya seni bermutu siswa pada mata pelajaran Seni Rupa,  kali ini sekolah kembali menggelar pameran karya pada tahun pelajaran 2023/2024. Kegiatan pameran ini, khusus melibatkan seluruh siswa kelas XII khsususnya pada mata pelajaran seni rupa yang merupakan agenda tahunan siswa pada mata pelajaran seni rupa," ungkapnya.

Disebutkannya, puluhan karya siswa turut dipamerkan sebagai wujud nyata dari teori seni rupa yang diaplikasikan  dalam karya-karya cerdas siswa berupa karya seni rupa.

"Puluhan siswa menyambut sukacita pameran seni rupa ini, bahkan hasil karya antar kelompok dalam satu kelas saling memperlihatkan karya-karya hebatnya masing-masing," sebut Nurhafni.

Lebih jauh Nurhafni menyampaikan, pameran seni ini bukan hanya memamerkan hasil karya, tetapi juga mencerminkan nilai-nilai dan pesan yang ingin disampaikan oleh para seniman muda ini. Beberapa karya mencerminkan, lingkungan, dan kehidupan sehari-hari, menunjukkan kedalaman pemikiran siswa dalam menyampaikan pesan melalui seni.

"Mereka tidak hanya mengekspresikan diri mereka melalui seni, tetapi juga memberikan sumbangan positif bagi komunitas sekolah dan masyarakat sekitar melalui pesan moral, pendidikan, social, dan budaya yang disampaikan melalui karya seni. Kita berharap ditahun yang akan datang akan lebih baik lagi," harapnya. (ade)