Gelar JR Mengajar Secara Virtual, Jasa Raharja Riau Berikan Beasiswa Dan Bantuan Pulsa Internet

PEKANBARU (Bingkai Riau) - Dengan menghadirkan nara sumber dari Ditlantas Polda Riau dan Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) IV Riau Kepri, Jasa Raharja Cabang Riau kembali menggelar kegiatan Mengajar secara  virtual menggunakan Aplikasi Zoom pada Hari Rabu, Tgl.21 Oktober 2020. Kegiatan dilakukan dalam rangka terus menekan angka kecelakaan lalu lintas. Kegiatan mengajar ini diikuti oleh 50 siswa SMA 7 Pekanbaru.

Adapun narasumber JR Mengajar kali ini adalah Kompol Reni Dewita, dari Dirlantas Polda Riau, Ikhwan Prihanto S.Si.T mewakili dari BPTD Wil. IV Riau Kepri dan Mohammad Irfan S.Ikom,QWP dari Jasa Raharja.  Seluruh peserta siswa juga mendapat bantuan pembelian paket internet serta 5 orang siswa SMAN7 memperoleh bantuan beasiswa dari Jasa Raharja.

Kegiatan yang dilakukan selama kurang lebih 2 jam ini menggunakan virtual zoom, dimana seluruh siswa yang mengikuti berada di tempat kediaman masing masing terkait protocol covid-19. Begitupun, antusiasme dan semangat para siswa dalam mengikuti materi tetap tinggi dan tidak mengurangi esensi materi yang disampaikan para narasumber, demikian terpantau dari monitor yang tersedia di ruang aula kantor Jasa Raharja Riau.

Wakil Kepala SMAN 7 Pekanbaru, Rina Lestari menyambut dan sangat mengapresiasi kegiatan ini. Materi keselamatan berlalu lintas sebagaimana yang dipaparkan kepada para siswa tentu dapat memberikan dampak positif bagi peserta agar selalu aman dalam berlalu lintas.

Kepala Jasa Raharja Cabang Riau, Herry Kesuma pada sambutan pembukaan acara, menyampaikan kegiatan ini sebagai Kampanye tertib berlalu lintas pada kaum milenial, dimana tingkat angka kecelakaan usia produktif dan usia siswa cukup dominan. Selain itu kegiatan JR Mengajar ini juga merupakan bentuk kepedulian dan dukungan Jasa Raharja kepada dunia pendidikan. Diharapkan kegiatan ini menyadarkan pentingnya keselamatan berkendara kepada para siswa dan menjadi pelopor dalam keselamatan berlalulintas

Diketahui bahwa kecelakaan yang melibatkan anak remaja dan sekolah cukup tinggi terutama disebabkan kurangnya pengetahuan dan kesadaran akan keamanan berlalu lintas. Penyebabnya seperti tidak gunakan helm, melanggar rambu, menerobos lampu merah hingga kecepatan tinggi,” jelas Herry.

Dalam kesempatan ini, Herry juga mengajak generasi-generasi emas Riau menjadi agent of change – agen perubahan dengan menjadi pelopor keselamatan berlalu lintas. Menjadi corong dalam kampanye keselamatan berlalu lintas, peduli terhadap terhadap diri sendiri dan orang lain, dan membantu menurunkan angka korban laka khususnya di Provinsi Riau.

“Dimulai dari diri sendiri, keluarga, sahabat dan akhirnya menjadi suatu gerakan secara masif yang goal akhirnya kita dapat menyelamatkan setiap nyawa anak bangsa dari korban kecelakaan. Karena setiap nyawa adalah sangat berharga. Stop Pelanggaran, Stop Kecelakaan, Keselamatan untuk Kemanusiaan,” demikian Herry Kesuma.

Dalam rangkaian kegiatan yang sama, Jasa Raharja bekerjasama dengan BPTD Wil IV Riau Kepri juga memberikan bantuan beasiswa kepada 10 anak sekolah di lingkungan Terminal Payung Sekaki Pekanbaru. Anak murid dari keluarga kurang mampu serta anak dari korban kecelakaan lalu lintas, dimana orangtuanya sudah tidak bias bekerja normal seperti sebelumnya.

Santunan Kecelakaan yang telah disalurkan Jasa Raharja Cabang Riau hingga September 2020 ini sebesar Rp.37,6 Milyar, mengalami  penurunan 16,7% dibanding Tahun 2019 dari periode yang sama dimana tahun lalu sebesar Rp.43,9 Milyard. Walau angka santunan terlihat menurun, namun jumlah santunan tersebut tetap termasuk tinggi, mengingat sebenarnya pembatasan sosial dan penutupan berbagai alat transportasi selam pandemic covid-19. Untuk itu, Jasa Raharja beserta instansi terkait terus menerus berupaya melakukan himbauan dan upaya keselamatan berlalu lintas, serta saat ini diketahui sebagai Pekan Keselamatan Lalu Lintas. (rls)