SMKN 5 Pekanbaru Lepas Siswa PKL, Bowo: Semoga Ilmu Didapat Bermanfaat

Pekanbaru (Bingkai Riau) - Untuk lebih memahami dunia industri dan dunia kerja, sebanyak 454 siswa kelas XI di SMKN 5 Pekanbaru diberikan pembekalan sekaligus dilepas untuk mengikuti Praktek Kerja Lapangan (PKL). Acara pelepasan ini digelar di lapangan sekolah oleh Kepala SMKN 5 Pekanbaru, Drs Dwi Bowo Sukmono MM, Senin (8/04/2019).
 
Menurut Kepala SMKN 5 Pekanbaru, Drs Dwi Bowo Sukmono MM, 454 siswa dan siswi ini akan melaksanakan PKL di 191 dunia usaha dan dunia industri yang ada di Pekanbaru. Dijelaskannya, yang akan melaksanakan PKL ini dari jurusan, Teknik Instalasi Pemanfaatan Tenaga Listrik, Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan, Teknik Gambar Bangunan, Bisnis Konstruksi dan Properti, Teknik Konstruksi Batu Beton, Teknik Pendingin dan Tata Udara, Teknik Kendaraan Ringan, Teknik Sepeda Motor, Teknik Audio Video, Teknik Komputer dan Jaringan, Multimedia dan Teknik Permesinan.
 
"Praktek Kerja Lapangan ini merupakan proses pembelajaran di dunia usaha dan dunia industri yang sudah ditetapkan dan diagendakan setiap tahun bagi siswa kelas XI. Jadikan prakerin ini wadah pembelajaran sekaligus mengaplikasikan ilmu yang sudah di terima di sekolah," ujar Bowo.
 
Bowo mengimbau, agar seluruh siswa dan siswi melaksanakan PKL dengan penuh disiplin, tanggungjawab serta mengikuti seluruh aturan yang telah di tetapkan DuDi maupun instansi pemerintah dan swasta tersebut.
 
"Pelepasan siswa untuk mengikuti kegiatan PKL dilakukan dalam rangka untuk memperkenalkan siswa terhadap dunia usaha dan dunia industri selama enam bulan kedepan. Kegiatan ini juga untuk memperkenalkan mereka ke dunia usaha dan dunia industri karena anak SMK dilatih untuk berwirausaha," ungkapnya.
 
Lebih jauh dijelaskan Bowo, dalam kegiatan PKL siswa diberikan kesempatan untuk mengetahui sendiri tentang dunia usaha sehingga ketika siswa menamatkan pendidikan tidak ada kendala yang dihadapi di dunia kerja nanti. "Sehingga mereka tahu sendiri suka duka di dunia kerja. Karena di dunia kerja tidak selalu berjalan mulus. Selalu ada suka dan dukanya serta tantangan yang mereka hadapi," jelas Bowo.
 
Bowo juga mengatakan, selesai PKL tentunya mereka dijamin sudah mempunyai keahlian sesuai dengan jurusan mereka. Dimana, siswa harus menyesuaikan dengan kemajuan perkembangan zaman saat ini, sehingga dia bisa dipakai di dunia kerja.
 
"Saya berharap, ilmu yang mereka dapat dari sekolah bisa diterapkan didunia kerja saat melakukan PKL nantinya. Sikap disiplin dan kejujuran juga ditanamkan agar mereka dalam praktek nanti bisa membawa nama baik sekolah. Sikap prilaku siswa yang baik dan disiplin, menjadi modal mereka agar bosa bertanggung jawab apa yang dilakukan nanti," harapnya. (ade)