• Follow Us On : 

Pelaksanaan Ujian Sekolah di SDN 170 Pekanbaru Berlangsung Lancar

Pelaksanaan Ujian Sekolah di SDN 170 Pekanbaru Berlangsung Lancar
Jumat, 09 April 2021 - 00:17:42 WIB
Pekanbaru (Bingkai Riau) - Pelaksanaan Ujian Sekolah (US) di SDN 170 Pekanbaru berlangsung lancar dan tidak ada hambatan maupun kendala di tengah pandemi COVID-19. US ini telah dimulai sejak Senin (5/4) hingga Sabtu (10/4) yang dilakukan dengan penerapan protokol kesehatan (prokes).
 
Kepala SDN 170 Pekanbaru, Eva Paswati SPd SD mengungkapkan, US di sekolahnya dilaksanakan mulai dari menyusun kisi-kisi soal dan menyusun soal yang akan diujikan untuk kelas VI hingga pelaksanaannya dikelola oleh sekolah.
 
”Sistem dan teknis pelaksanaan hampir sama kami buat dengan pelaksanaan Ujian Akhir Sekolah Berstandar Nasional (UASBN) tahun lalu. Sekolah membentuk panitia ujian, menugaskan guru untuk mengawas ujian, membuat denah tempat duduk, menyediakan tata tertib bagi peserta dan pengawas dan daftar hadir peserta ujian," ujar Eva.
 
Eva mengatakan, tahun ini merupakan tahun pertama pelaksaan US yang diserahkan kepada sekolah. Untuk pelaksanaan tahun pertama sekolah bisa melaksanakan dengan baik, meskipun masih ada yang perlu ditingkatkan.
 
“Kita menyambut positif ujian sekolah itu dengan tatap muka, tetapi tetap mengedepankan protokol kesehatan,” katanya.
 
Menurutnya sistem ujian sekolah yang dilaksanakan masih menggunakan sistem manual. Dalam pelaksanaan ujian pihak sekolah menyiapkan sejumlah fasilitas perlengkapan protokol kesehatan (Prokes), serta menerapkan 3M yakni menjaga jarak, mencuci tangan mengunakan sabun, dan mengenakan masker.
 
"Siswa juga tidak boleh berkerumun dan jika sudah selesai mengikuti ujian sekolah maka segera pulang ke rumah. Kita juga minta siswa tetap semangat belajar di rumah agar mudah mengisi jawaban soal ujian," ujar Eva.
 
Eva menambahkan, para peserta didik lebih bersemangat ujian sekolah dengan cara tatap muka setelah lama proses kegiatan belajar mengajar (KBM) melalui dalam jaringan (daring). Sementara jumlah siswa dibatasi dengan maksimal sebanyak 10 orang/kelas. Sesuai surat edaran Walikota Pekanbaru tentang pencegahan penyebaran COVID-19.
 
"Selain itu juga sekolah harus melakukan penyemprotan disinfektan, mematuhi protokol kesehatan dengan menyediakan wastafel untuk sarana mencuci tangan menggunakan sabun, memakai masker dan menjaga jarak," tambahnya.
 
Ia berharap, ujian yang dilaksanakan SDN 170 Pekanbaru dapat berjalan lancar, dan siswa yang mengikuti ujian dapat menyelesaikan soal-soal dengan tepat, sehingga hasil ujian yang diperoleh siswa nanti sangat baik dan betul-betul memuaskan,” harapnya (ade)
 

Akses www.bingkairiau.com Via Mobile m.bingkairiau.com
TULIS KOMENTAR
BERITA TERKAIT
BERITA LAINNYA
BERGABUNG DI SINI
KABAR POPULER