• Follow Us On : 

Tumbuhkan Minat Baca dan Menuju Sekolah Literasi, SMPN 36 Pekanbaru Buat Pojok Baca

Tumbuhkan Minat Baca dan Menuju Sekolah Literasi, SMPN 36 Pekanbaru Buat Pojok Baca
Selasa, 15 Oktober 2019 - 00:23:08 WIB
Pekanbaru (Bingkai Riau) - Banyak cara yang bisa dilakukan sekolah untuk menumbuhkan minat baca siswanya. Seperti yang dilakukan SMPN 36 Pekanbaru telah membuat perpustakaan mini atau pojok baca.
 
Kepala SMPN 36 Pekanbaru, Haniyah SPd mengatakan, perpustakaan ini diletakkan di pojok dan menjadi pojok baca untuk para siswa di sela sela aktivitas belajar di kelas. Ini merupakan upaya meningkatkan minat baca kepada siswa didukung oleh Tim Gerakan Literasi Sekolah (GLS).
 
"Salah satu tujuan membuat pojok baca di kelas, untuk mengurangi kegiatan siswa yang lebih menyukai gawai untuk bermain game online dibandingkan membaca buku. Upayanya berupa, melaksanakan kegiatan 10 menit membaca buku nonteks pelajaran sebelum jam pelajaran, setiap hari Selasa-Kamis dan sudah dimulai sejak dua minggu lalu," kata Haniyah.
 
Menurutnya, tujuan kegiatan tersebut untuk meningkatkan keterampilan membaca siswa yang berujung pada kemampuan memahami informasi secara analitis, kritis, dan reflektif. Dimana, keterampilan ini akan menumbuhkembangkan budi pekerti peserta didik melalui pembudayaan ekosistem literasi sekolah yang diwujudkan dalam GLS.
 
"Awalnya kegiatan ini menghadapi kendala, yaitu masih kurangnya sumber bacaan yang tersedia di perpustakaan sekolah. Sementara siswa SMPN 36 Pekanbaru secara keseluruhan berjumlah 424 siswa. Namun keterbatasan sumber bacaan tersebut dapat diatasi dengan meminta siswa menyumbangkan satu buku satu anak," ungkapnya. 
 
Haniyah menambahkan, sekolah juga akan memberikan reward kepada siswa yang paling banyak membaca buku dalam 1 semester. Disampaikannya, dampak dari gerakan literasi dengan menggiatkan siswa membaca dan menulis sangat besar manfaatnya dalam pembentukan mental dan karakter anak.
 
"Meski baru, progresnya cukup bagus. Kita melihat langsung bagaimana ketika jam istirahat, para siswa mulai antusias memanfaatkan fasilitas dan ruang terbuka untuk membaca dan  sesama siswa untuk membaca," pungkasnya. (ade)

Akses www.bingkairiau.com Via Mobile m.bingkairiau.com
TULIS KOMENTAR
BERITA TERKAIT
BERITA LAINNYA
BERGABUNG DI SINI
KABAR POPULER