• Follow Us On : 

Kenakan Pakaian Adat, Begini Cara Warga SMAN 6 Pekanbaru Rayakan Sumpah Pemuda

Kenakan Pakaian Adat, Begini Cara Warga SMAN 6 Pekanbaru Rayakan Sumpah Pemuda
Senin, 29 Oktober 2018 - 22:51:32 WIB
Pekanbaru (Bingkai Riau) - Dalam rangka memperingati hari sumpah pemuda ke-90, warga besar SMAN 6 Pekanbaru melaksanakan upacara dan membacakan teks sumpah pemuda, dimana semua petugas upacara menggunakan pakaian adat daerah. Pelaksanaan kegiatan ini betujuan menyadarkan kembali peran penting pemuda terhadap bangsa ini.
 
Menurut Kepala SMAN 6 Pekanbaru, Dra Hj Zurina MM, selain dalam rangka hari sumpah pemuda, ini juga untuk lebih mengenalkan ragam pakaian adat di nusantara. Karena Sumpah Pemuda itu kan pada dasarnya berbasis nilai-nilai budaya bangsa.
 
"Acara tersebut memang sengaja digelar agar generasi muda dapat menghayati Sumpah Pemuda. Siswa mengenal Sumpah Pemuda tak hanya ucapan, tapi juga perbuatan. Apalagi, busana yang dikenakan dari berbagai daerah ini. Dengan demikian diharapkan, rasa memiliki budaya dan karekteristik daerah tetap terpelihara," ujar Zurina. 
 
Zurina menambahkan, apalagi di era milenial ini jika siswa sudah tidak dapat lagi menghayatinya, maka apa yang disebut dengan bonus demografi itu akan nihil hasilnya. 
 
"Terimakasih juga atas perjuangan siswa-siswa kita yang sudah mengukir banyak prestasi, ini juga tidak terlepas sebagai bentuk ikut andil menumbuhkan karakter bangsa," ungkapnya. 
 
Lebih jauh diharapkannya, dengan momen ini siswa dapat lebih mengenal pakaian adat yang ada di Indonesia. Sekaligus membangkitkan semangat juang pemuda Indonesia. "Kami ingin siswa bisa membangkitkan semangat pemuda dan Bhinneka Tunggal Ika," kata Zurina. (ade)

Akses www.bingkairiau.com Via Mobile m.bingkairiau.com
TULIS KOMENTAR
BERITA TERKAIT
BERITA LAINNYA
BERGABUNG DI SINI
KABAR POPULER