• Follow Us On : 

Pelaksanaan Event "Ghatib Beghanyut"Kab.Siak 2022 Berjalan Lancar dan Seukses

Pelaksanaan Event
Jumat, 23 September 2022 - 13:50:53 WIB

SIAK ( Bingkai Riau ) - Usai acara Seremoni Pelepasan oleh Wakil Bupati Kabupaten Siak Husni Merza, jama'ah Ghatib atau Dzikir Menaiki ke Kapal Ferry di Pelabuhan LLASDP Siak dan siap untuk Beranyut mengikuti arus Sungai Siak, dari Pelabuhan LLASDP menuju pelabuhan Penyeberangan Belantik Siak.

Meski sempat diguyur hujan namun terlihat para Jema'ah Dzikir (Ghatib Beghanyut) tetap antusias dan Khusyuk Berdzikir,diikuti para Kiyai, Tokoh Agama, Forkopinda dan Masyarakat memakai Jubah atau Kostum Gamis serba putih,dan mengenakan Sorban putih.

Dinas Pariwisata Kabupaten Siak selaku Pelaksana Kegiatan Event Religi Tradisi Ghatib Beghanyut, melalui Kepala Bidang Pemasaran, H. Basriansyah, ST, MT menyampaikan Rasa Terima kasihnya kepada para Jama'ah dan Undangan yang telah hadir mengikuti jalannya Kegiatan ini hingga sampai selesai, meski sedikit di Guyur hujan saat pelaksanaan Event Ghatib Beghanyut tersebut.

"Jama'ah tetap Semangat dan Khusyuk dalam Melantunkan Dzikir dan Do'a diatas kapal Ferry di Sungai Siak Rabu malam (21/9/22), Seremoni Ghatib Beghanyut dibuka di Halaman Pelabuhan LLAsdap Siak oleh Wakil Bupati Kabupaten Siak Husni Merza, dan selanjutnya kita Berdo'a bersama agar Kegiatan berjalan Lancar,dan Mohon Ridho Ilahi,Memohon Keselamatan, hingga Jama'ah Dzikir menaiki Kapal Ferry Berhanyut menuju Titik Finish yang telah ditentukan" yaitu Penyeberangan Belantik, ungkapnya.

Menurut H. Basriansyah Kegiatan Event Religi Ghatib Beghanyut di Siak Kesannya terasa Sakral dan Religius, ini digambarkan selain Pelaksanaan nya Berhanyut Menggunakan Kapal pada Malalam hari,semua yang hadir juga disarankan untuk Mengenakan serba putih dengan memakai Sorban,Pihak Penyelenggara menyiapkan Sorban yang baru, untuk dibagi-bagikan kepada Jama'ah, dan Jama'ah atau Masyarakat yang ikut Berbaur dengan Ulama dan para Kiyai sembari Mengumandangkan Dzikir dan Do'a, terang Kepala Bidang Pemasaran Dinas Pariwisata Kabupaten Siak Basriansyah.

"Alhamdulillah dari Awal agenda yang sudah kita susun seperti Tahun-tahun sebelumnya, Semua berjalan Lancar dan tidak ada Kendala, Kami selaku Penyelenggara mengucapkan Terima Kasih kepada para Kiyai, Ulama, Ustadz, para Santri, Pengurus Masjid dan Musholla, Tokoh Masyarakat dan Masyarakat yang sudah Ikut Mensukseskan Event Religi Tradisi Ghatib Beghanyut Kabupaten Siak 2022 ini, semoga event yang sudah menjadi "Warisan Budaya Tak Benda (WBTB)" yang merupakan Tradisi Kabupaten Siak sejak dahulu, semakin diminati dan Menarik para Wisatawan untuk datang menyaksikan secara langsung acara event Tradisi Ghatib Beghanyut ini,Sehingga Siak semakin dikenal Melalui Wisata Religi,Budaya dan Tradisinya" tutupnya.@nd

Akses www.bingkairiau.com Via Mobile m.bingkairiau.com
TULIS KOMENTAR
BERITA TERKAIT
BERITA LAINNYA
BERGABUNG DI SINI
KABAR POPULER