• Follow Us On : 

Pelabuhan Internasional Selatbaru Kab.Bengkalis akan Kembali Beroperasi

Pelabuhan Internasional Selatbaru Kab.Bengkalis akan Kembali Beroperasi
Kamis, 02 Juni 2022 - 00:13:04 WIB

BENGKALIS ( Bingkai Riau ) - Pelabuhan Internasional Selatbaru Kecamatan Bantan,Kabupaten Bengkalis tinggal menunggu izin Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Republik Indonesia.

Dikatakan Wakil Bupati Kabupati (Wabup) Bagus Santoso, sebelumnya Kabupaten Bengkalis telah mengajukan permohonan untuk membuka pintu bagi Pelaku Perjalanan Luar Negeri (PPLN) di Bandar Sri Setia Raja Selatbaru tujuan Negara tetangga Malaysia.

"Oleh Gubernur Riau itu ada tiga yang diajukan untuk dibuka kembali, yakni pelabuhan Selatbaru, Dumai dan Meranti.

Dumai dan Meranti sudah dibuka, mungkin ada pertimbangan lain yang menyebabkan Bengkalis belum bisa dibuka," ujar Wabup Bagus Santoso Selasa, 31 Mei 2022 kala meninjau pelabuhan Internasional Selatbaru.

Diungkapkan Wabup Bagus Santoso, disisi lain Pemkab Bengkalis bersama pemangku kepentingan terkait seperti Imigrasi, Syahbandar dan Beacukai sudah siap jika pelabuhan kebanggaan Masyarakat Negeri Junjungan ini dibuka kembali.

"Ada beberapa faktor yang mempertimbangkan kita untuk menggesa Menteri Perhubungan. Selain mempengaruhi geliat ekonomi di Bengkalis, secara kultur negeri kita melayu ini sama dengan Malaysia, jadi warga masyarakat kita rata-rata bersodara dengan yang ada di Malaysia. Maka mereka hampir setiap bulan pulang pergi ke Malaysia. Bukan masalah jauh, tapi karna kultur yang memang menyatu dari nenek moyang kita," dia dekat.

Sambil menunggu izin tersebut, Wabup Bagus Santoso meminta masyarakat untuk tetap mengikuti prosedur yang ditetapkan Kemenhub.

"Namun Pemkab Bengkalis juga terus menggesa, meminta pelabuhan Bandar Sri Setia Raja di Pulau Bengkalis agar kita dapat kembali berinteraksi dengan negara jiran Malaysia," pintanya.

Sementara itu, Plh. Kasi Lalintalkim Imigrasi Bengkalis Ismed Ade Winata menyatakan siap melakukan pemeriksaan keimigrasian jika nantinya Pelabuhan Internasional Selatbaru akan resmi dibuka.

Disisi lain, Sekretris Dinas Perhubungan Bengkalis Fahrizal menyatakan secara umum fasilitas sudah disediakan sesuai prosedur standar yang ada. Bahkan pemeliharaan juga dilakukan semata-mata untuk kenyamanan para penumpang.rls (dkmfkab.bks/ae,)@nd

Akses www.bingkairiau.com Via Mobile m.bingkairiau.com
TULIS KOMENTAR
BERITA TERKAIT
BERITA LAINNYA
BERGABUNG DI SINI
KABAR POPULER