• Follow Us On : 

Mahasiswa FSP Prodi Seni Karawitan ISI Pandang Panjang Silaturahmi dengan Seniman Zapin Siak

Mahasiswa FSP Prodi Seni Karawitan ISI Pandang Panjang Silaturahmi dengan Seniman Zapin Siak
Ahad, 29 Mei 2022 - 19:28:38 WIB

SIAK ( Bingkai Riau )- Mahasiswa Institut Seni Indonesia ( ISI ) Padang Panjang,Fakultas Seni Pertunjukan ( FSP ),Prodi Seni Kerawitan Berkunjung dan Silaturahmi dengan Seniman,Penggiat Zapin Siak.

Kedatangan Rombongan di sambut Oleh Seniman Zapin Tradisi "Sanggar Balairung Sri" Siak Beserta Beberapa Seniman,Penggiat Budaya Siak yang hadir pada saat itu,di Panggung Siak Bermadah ( Tepian Sungai Jantan ) Kabupaten Siak,Sabtu 28/5/2022.

Kunjungan Mahasiswa Fakultas Seni Pertunjukan Program Studi Seni Karawitan,Semester 6 ISI Padang Panjang di Kabupaten Siak, dalam Rangka Silaturahmi sambil Belajar dan Melihat Lansung ( Praktek Kesenian Zapin Melayu Siak ) Mata Kuliah Kesenian Budaya Melayu Riau,khususnya Musik Zapin.

Turut Mendampingi Rombongan Mahasiswa, Dosen dan Sekretaris Program Studi Seni Karawitan Fakultas Seni Pertunjukan ISI Padangpanjang,Muhammad Zulfahmi,Junaidi Dosen dan Kepala Perpustakaan ISI Padang Panjang,Dosen dan Sekretaris Prodi Humanitas FSP ISI Padang Panjang Darmansyah. dan 30 Mahasiswa/i Semester 6 Fakultas Seni Pertunjukan ISI Pandang Panjang.

Dikatakan Junaidi, S.Sn., M.Sn ( Dosen dan Kepala Perpustakaan ) ISI Padangpanjang,Proses Pembelajaran selama Pandemi hanya di lakukan secara Daring ,sehingga Mahasiswa Jarang Melaksanakan Tatap Muka dan Praktek,saat ini sudah ada Kelonggaran Situasi Pandemi ini, Mahasiswa Lansung di ajak Praktek atau melihat Langsung,yakni salah satu nya Prodi Karawitan tentang Zapin Tradisi di Siak.

"Selama masa Pandemi kita tidak Melaksanakan Belajar Tatap Muka,dan Kalaupun ada Praktek hanya bisa dilaksanakan hanya sekitar Tiga puluh Persen, oleh karena itu,saat ini dengan adanya Kelonggaran Kita sudah bisa Lansung Kembali Memberikan Perkuliahan dengan Tatap Muka,dan Muncul Ide dari Kami dan Mahasiswa untuk Lansung Ingin mengajak Mahasiswa Praktek ke Lapangan,yaitu Ke Siak untuk Bersilaturahmi sambil Mengenal Zapin di Kabupaten Siak, meskipun hanya dalam Waktu Singkat.

Harapan juga di sampaikan Dosen dan Sekretaris Prodi Humanitas FSP ISI Padang panjang Darmansyah,S.Sn.,M.Sn. ,Kami juga sangat Menginginkan Ilmu Tentang Musik Melayu Riau di Gudang nya,di Riau salah satu nya di Kabupaten Siak,terutama Zapin Siak,Kami juga Mengharapkan ada yang nantinya Kami bawa Pulang meski Setetes (sedikit) Ilmu ,namun Bisa kami Bawa pulang nantinya,ungkapnya.

Kunjungan Silaturahmi Mahasiswa ISI Padang Panjang dan Kelompok Seni Zapin hanya Sehari di Siak itu berlangsung akrab,Mahasiswa yang hadir terlihat sangat Semangat ,Menyaksikan Tarian Zapin,dan Diskusi tentang Musik Zapin,Sekilas Tentang Sejarah dan Budaya di siak ,dan Mahasiswa yang hadir juga Lansung berkesempatan Belajar Teknik ( Praktek) Alat Musik Zapin.

Di kesempatan itu juga Rombongan didampingi Tokoh Muda Lembaga Adat Melayu Riau (LAMR) Kabupaten Siak,Penggiat Seni Budaya dan Sejarah Siak,diantaranya,Budi Ramdhan,Dedi,Ridwan Atan dan Beberapa Seniman Siak yang hadir,Rombongan ISI diajak Berwisata,seperti mengunjungi Istana Siak Sri Inderapura atau Istana Asserayah Hasyimiah dan Objek Wisata lain nya di Kota Siak.

"Kami sangat Merasa Senang datang Berkunjung sekaligus Bersilaturahmi dengan Seniman Zapin di siak,apa lagi setelah Bertemu dan Bisa Mengenal Lansung ,tetang Zapin, serta Berkesempatan Mengunjungi Istana Kerajaan di Siak,meski hanya sekejap atau sekilas,Hal ini mengingat Waktu Kunjungan dan Jarak tempuh yang telah di agendakan,Insya Allah Kami akan Kembali Mengunjugi dan Bersilaturahmi Kembali dengan Kawan kawan Seniman di Kabupaten Siak,kalau bisa dengan Durasi waktu yang agak Panjang",Harap Dosen dan Sekretaris Program Studi Seni Karawitan Fakultas Seni Pertunjukan ISI Padang Panjang,Muhammad Zulfahmi,S.Sn.,M.A.

Sebelumnya Kedatangan Rombongan di Sambut Ridwan dan Kumpulan Zapin ( Sanggar Balairung Sri),dengan Beberapa Penampilan Tarian Zapin dan dilanjutkan dengan Diskusi Tentang Seni Musik Zapin.@nd


Akses www.bingkairiau.com Via Mobile m.bingkairiau.com
TULIS KOMENTAR
BERITA TERKAIT
BERITA LAINNYA
BERGABUNG DI SINI
KABAR POPULER