• Follow Us On : 

Ketua LAK Dukung Festival Sahilan 2022

Ketua LAK Dukung Festival Sahilan 2022
Jumat, 24 Desember 2021 - 23:02:47 WIB

Bangkinang (Bingkai Riau) - Ketua Lembaga Adat Kampar, Drs Yusri MSi Dt Bandara Mudo siap mendukung kesuksesan pelaksanaan Festival Sahilan 2022 yang dihelat Januari 2022 mendatang. Hal ini disampaikannya saat bertemu dengan perwakilan Kerajaan Rantau Kampar Kiri Gunung Sahilan dikantornya, Jumat (24/12/2021) siang.

 

"Saya mendukung penuh kegiatan ini, semoga nantinya bisa digelar dengan lancar. Dan secara pribadi ataupun selaku Ketua LAK saya akan menyumbang untuk memperlancar pelaksanaan Festival Sahilan 2022," tutur Dt Yusri.

 

Sekretaris Kerajaan Rantau Kampar Kiri Gunung Sahilan, Abdul Firmansyah didampingi Humas Kerajaan, Habibie mengatakan Kerajaan Rantau Kampar Kiri Gunung Sahilan berencana menggelar Pekan Kegiatan Masyarakat Festival Sahilan 2022 atau disingkat Festival Sahilan. Kegiatan ini digelar dalam rangka 5 tahun penobatan Seri Paduka Yang Dipertuan Agung Raja XII Rantau Kampar Kiri Gunung Sahilan.

 

Dalam Festival Sahilan tersebut juga digelar Pengukuhan Perangkat Kerajaan dan Laskar Dubalang Panglima Kerajaan Rantau Kampar Kiri Gunung Sahilan. Selain itu juga Haul mengenang raja-raja terdahulu Kerajaan Rantau Kampar Kiri Gunung Sahilan.

 

"Jadi cukup banyak agenda yang digelar mulai dari tanggal 2 Januari hingga 22 Januari 2022. Untuk memeriahkannya ada kegiatan turnamen sepaktakraw, gondang ogong, lomba memanah tradisional, serta banyak kegiatan lainnya. Kemudian  selain haul raja-raja terdahulu juga diiringi dengan ziarah makam-makam raja," tuturnya.

 

Sementara itu persiapan Festival Sahilan 2022 hingga saat ini sudah banyak dilakukan. Termasuk menyurati pihak-pihak terkait untuk menggelar kegiatan yang akan diikuti banyak orang tersebut, seperti diungkapkan Andi Rowasi Dt Marajo, Pucuk Negeri Lipatkain.

 

"Persiapan internal juga sudah banyak dilakukan. Hari ini juga menggelar pertemuan dengan Sekretaris Daerah Kabupaten Kampar, Dt Yusri. Apalagi beliau juga Ketua Lembaga Adat Kampar, jadi secara pemerintah dan adat juga disampaikan," ungkapnya.

 

Sementara Sekretaris Umum Laskar Dubalang Panglima Kerajaan Rantau Kampar Kiri Gunung Sahilan, Andri Roag Anwar yang juga hadir dalam pertemuan tersebut mengatakan kegiatan ini sempat tertunda selama dua tahun.

 

"Dua tahun terakhir kegiatan tidak bisa digelar karena pandemi covid-19. Makanya kita berharap bulan depan kegiatan Festival Sahilan 2022 bisa digelar," tambah Andri.


Akses www.bingkairiau.com Via Mobile m.bingkairiau.com
TULIS KOMENTAR
BERITA TERKAIT
BERITA LAINNYA
BERGABUNG DI SINI
KABAR POPULER