• Follow Us On : 

Jambore Daerah Riau 2021 Resmi Dibuka, Kak Masrul Kasmy: Selamat Mengikuti Jambore

Jambore Daerah Riau 2021 Resmi Dibuka, Kak Masrul Kasmy: Selamat Mengikuti Jambore Gubernur Riau diwakili Ketua Harian Mabida Riau Masrul Kasmy bersama Walikota Pekanbaru Firdaus memasangkan tanda peserta kepada perwakilan peserta sebagai tanda diresmikannya pembukaan Jambore Daerah Riau tahun 2021, Sabtu, 18/12/2021 di Bumi Perkemahan
Ahad, 19 Desember 2021 - 13:59:43 WIB

Pekanbaru (Bingkairiau.com) - Gubernur Riau Drs. H. Syamsuar, M.Si selaku Ketua Majelis Pembimbing Daerah (Mabida) Gerakan Pramuka Riau diwakili oleh Ketua Harian, Drs. H. Masrul Kasmy, M.Si membuka secara resmi Jambore Daerah (Jamda) Riau 2021, Sabtu (18/12/2021) di Bumi Perkemahan Sialang Rampai Kota Pekanbaru.

Ketua Panitia Penyelenggara Jamda Riau 2021 Ario Wibowo SE dalam laporannya menyampaikan Jamda Riau dilaksanakan tanggal 18 s.d 21 Desember 2021, diikuti 341 peserta, pimpinan kontingen, pembina pendamping dan petugas dari 10 Kwarcab se Riau dengan jumlah peserta Pramuka Penggalang putra berjumlah 144 orang sedangkan peserta Pramuka Penggalang putri mencapai 147 orang, pimpinan kontingen 10 orang, pembina pendamping 20 orang dan staf kontingen 20 orang.

"Jumlah 341 tersebut berasal dari 10 kwartir cabang, sedangkan dua kwartir cabang yang tidak mengirimkan peserta yaitu Kwartir Cabang Indragiri Hulu dan Kuantan Singingi," kata Ario.

“Sementara itu dalam pelaksanaan Jambore Daerah Riau 2021, para peserta akan mengikuti berbagai kegiatan yang mengarah pada tujuan Gerakan Pramuka, dibagi dalam 7 kelompok kegiatan yakni kegiatan umum, kegiatan keterampilan terdiri dari konten kreator, jurnalistik dan fotografi, media dan kehumasan, filateli, mengenal makanan sehat” tambahnya.

“kemudian ada kegiatan petualangan terdiri dari paint ball dan panahan, kegiatan wisata ke Museum Sang Nila Utama dan beberapa tempat, kegiatan bakti dan kegiatan seni budaya” jelasnya. 

Sementara itu Ketua Harian Mabida Riau, Masrul Kasmy mengharapkan dengan ajang Jambore ini, adik-adik dan kakak-kakak dapat memetik pengalaman yang seru, pengetahuan yang baik, serta kegiatan-kegiatan yang menyenangkan. 

“Meskipun dengan keterbatasan akibat pandemi ini, kami berharap kegembiraan, keceriaan dan semangat adik-adik terus dijaga hingga akhir kegiatan, walaupun tetap mempertahankan protokol kesehatan” kata Masrul.

“Dari pengalaman-pengalaman mengikuti Jambore ini, kiranya adik-adik akan membentuk jiwa, semangat dan karakternya sehingga menjadi sukses dan berhasil di kemudian hari” harap beliau. 

Beliau juga menegaskan di tengah era informasi digital yang mempengaruhi gaya dan perilaku peserta didik, pendidikan kepramukaan sangatlah penting bagi pengembangan diri peserta didik. 

“Apalagi bagi mereka yang sedang mengalami transisi untuk mencari jati diri. Ketika mereka belum mempunyai pendirian yang tetap kebanyakan kaum muda banyak terbawa pengaruh buruk di lingkungan sekolah. Oleh karena itu, pendidikan kepramukaan harus bisa menjadi solusi untuk pembentukan karakter siswa” jelasnya.

“Akhirnya, selamat mengikuti Jambore Daerah Riau Tahun 2021 dan terima kasih kepada Pemerintah Kota Pekanbaru dan Kwarcab Kota Pekanbaru sebagai tuan rumah penyelenggaraan Jambore Daerah tahun 2021, semoga upaya yang kita lakukan senantiasa mendapatkan ridho Tuhan Yang Maha Kuasa dan selamat berkarya” ucapnya.

Selain itu, Masrul Kasmy mengapresiasi para peserta yang ternyata lebih dari 97 persen telah mengikuti vaksinasi. Sedangkan sisanya pria yang juga menjabat Plt Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Riau tersebut berencana untuk mengirim petugas vaksinasi.

"Alhamdulillah hampir semuanya telah divaksin. Sedangkan sisanya yang belum di vaksin, InsyaAllah kita turunkan tim vaksinasi," tuturnya.

Disisi lain, Walikota Pekanbaru Dr. H. Firdaus, ST., MT menyampaikan ucapan terimakasih kepada Kwarda Riau yang telah memberikan kepercayaan kepada Kota Pekanbaru untuk menjadi tuan rumah Jambore Daerah tahun 2021.

Beliau menginformasikan pihaknya akan mengembangkan lokasi Bumi Perkemahan Sialang Rampai yang berada di kawasan Pusat Olahraga Terintegrasi. Menurutnya saat ini luas lahan mencapai 18 hektare yang akan diperluas menjadi 30 hektar.

"Tentunya nanti kami berencana untuk membangun islamic center juga. Sehingga saat kegiatan kepermukaan seperti ini, pembinaan iman dan taqwa para peserta juga lebih memadai dengan keberadaan islamic center nantinya," ungkapnya. 

Peresmian pembukaan ditandai dengan pemasangan peserta kepada perwakilan peserta. Pada kesempatan ini juga dilaksanakan peresmian nama Bumi Perkemahan yang diberi nama Sialang Rampai dan peresmian nama jalan akses masuk Bumi Perkemahan yang diberi nama jalan Irmansyah.

Turut hadir dalam kegiatan pembukaan Jambore Daerah Riau tersebut Ketua Kwarda Riau HM Azaly Djohan, SH, Ketua Harian Kwarda Riau Drs. H. OK. Nizami Jamil, Walikota Pekanbaru selaku Ketua Majelis Pembimbing Cabang Kota Pekanbaru Dr. H. Firdaus, ST MT, Wakil Ketua Kwarda bidang pembinaan anggota muda Jon Haril, M.Pd, Wakil Ketua Kwarda bidang organisasi dan hukum Kasiarudin, Andalan Kwarda Riau, Ketua Kwartir Cabang (Kwarcab) Kota Pekanbaru Masykur Tarmizi, S.STP.,M.Si beserta Pengurus, Ketua Kwarcab Kota Dumai Abdria Sandry Irma, MH, Ketua Kwarcab Kepulauan Meranti Rinarni, para Kepala organisasi perangkat daerah dan Camat di lingkungan Pemerintah Kota Pekanbaru, Ketua Kwartir Ranting se-Kota Pekanbaru dan undangan lainnya.


Akses www.bingkairiau.com Via Mobile m.bingkairiau.com
TULIS KOMENTAR
BERITA TERKAIT
BERITA LAINNYA
BERGABUNG DI SINI
KABAR POPULER