• Follow Us On : 

SEMINAR EDUKASI TENTANG POLA ASUH DAN PENDAMPINGAN BELAJAR DARING MASSA PANDEMI

SEMINAR EDUKASI TENTANG POLA ASUH DAN PENDAMPINGAN BELAJAR DARING MASSA PANDEMI Bu Alucyana, M.Psi menyampaikan Materi Seminar Farenting
Jumat, 03 Desember 2021 - 17:42:18 WIB
Pekanbaru (Bingkairiau.com) - COVID-19 telah melanda sebagian besar negara dan wilayah di dunia. Berdasarkan statistik Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), pada 25 Februari 2021, 211 negara dan wilayah telah melaporkan kasus yang dikonfirmasi, dan kumulatif jumlah kasus yang dikonfirmasi telah mencapai lebih 112 juta (World Health Organization, 2021). Kondisi ini  menyisakan banyak kisah termasuk masalah masalah di dalamnya. Hampir seluruh sektor memiliki masalah sendiri, sektor Ekonomi, Sosial termasuk Pendidikan. 
 
Pada Sektor Pendidikan juga  Terpengaruh oleh pandemi Covid-19.  Seluruh  aktivitas siswa di seluruh dunia tidak dapat melaksanakan pembelajaran di sekolah secara normal. 
 
Menurut pemantauan Organisasi Pendidikan, Ilmu Pengetahuan, dan Kebudayaan Perserikatan Bangsa-Bangsa (UNESCO), pada bulan desember, 211 negara telah menerapkan pembelajaran dari rumah secara nasional, yang memengaruhi sekitar 1.575 Miliar siswa yang merupakan 91,3% dari total jumlah siswa yang terdaftar di seluruh dunia (UNESCO, 2020). Sejalan dengan peringatan dari UNESCO di Indonesia pemerintah indonesia juga menerapkan Pembelajaran jarak jauh sesuai dengan SE Mendikbud Nomor 4 Tahun 2020. Tentang pelaksanaan Kebijakan Pendidikan dalam Masa Darurat Penyebaran Covid-19, menyatakan bahwa proses belajar dilaksanakan di rumah melalui pembelajaran daring/pembelajaran jarak jauh. 
 
Dengan munculnya metode pembelajaran “ baru “ bagi guru dan orangtua, banyak guru dan orangtua mengeluh tidak maksimalnya mereka dalam pembelajaran tersebut. Hal ini disebabkan tidak cakapnya guru dan orangtua dalam menggunakan tekhnologi dalam model pembelajaran daring tersebut. Orangtua , guru“ dipaksa” untuk menerapkan metode tersebut agar pembelajarn tetap berlangsung. Oleh karena itu Guru dan orangtua memerlukan ketrampilan tersendiri untuk mendampingi pembelajaran Daring ini pada anak anak mereka di rumah Di perguruan Tinggi,  tugas pokok dari dosen adalah menjalankan Tri Dharma perguruan Tinggi yaitu : Pendidikan dan Pengajaran, Penelitian serta Pengabdian kepada Masyarakat. Salah satu bentuk pengabdian Masyarakat pada tim ini adalah Edukasi dan Pelatihan . 
 
Edukasi Tentang Pola Asuh Dan Pendampingan Belajar Daring Pada Masa Pandemi dari Prodi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) dari Fakultas Agama islam Universitas Riau ini terdiri dari : Alucyana, M.Psi, Psikolog, Dian Tri Utami, M.Pd dan Raihana, M.A serta di bantu oleh beberapa mahasiswa dari Prodi PIAUD melaksanakan kegiatan tersebut di Di Sd Muhammadiyah Kecamatan  Rambah Kabupaten Rokan Hulu Propinsi Riau. 
 
Adapun tujuan dari kegiatan ini adalah memberikan edukasi pada guru dan orangtua, terutama guru dan wali murid kelas 1 SD tentang pola asuh dan pendampingan belajar online di masa Pandemi, agar proses belajar pembelajar tetap tercapai meskipun dari rumah
Sasaran dari kegiatan ini adalah orangtua dan guru kelas 1 Sekolah dasar di SD Muhammdiyah Kecamatan Rambah Kabupaten Rokan Hulu Propinsi Riau yang dilaksanakan pada Sabtu, 7 Agustus 2021 Waktu : 08:00 s.d 12:00 WIB Tempat : Aula SD Muhammadiyah Kecamatan Rambah Kabupaten Rokan Hulu Propinsi Riau.
 
Materi yang diberikan berupa Pola Asuh serta beberapa Aplikasi pembelajaran Online dan cara Penggunaanya seperti Google Class Room, Edmodo, Aplikasi Zoom dan lain lain.(rls) 

Akses www.bingkairiau.com Via Mobile m.bingkairiau.com
TULIS KOMENTAR
BERITA TERKAIT
BERITA LAINNYA
BERGABUNG DI SINI
KABAR POPULER