• Follow Us On : 

Bantu pencegahan Covid-19, Kwarda Riau terima penghargaan dari Kwarnas Gerakan Pramuka

Bantu pencegahan Covid-19, Kwarda Riau terima penghargaan dari Kwarnas Gerakan Pramuka Ketua Kwarda Riau yang diwakili oleh Wakil Ketua bidang Abdimasgana dan LH Joko Pujiono didampingi Ketua Satgas Pramuka Peduli Lukman Hakem mengikuti malam apresiasi 60 tahun Gerakan Pramuka secara virtual, 21/8/2021
Ahad, 22 Agustus 2021 - 23:46:34 WIB

Pekanbaru (Bingkai Riau) – Kwartir Daerah (Kwarda) Gerakan Pramuka Riau mengikuti Malam Apresiasi 60 tahun Gerakan Pramuka secara daring melalui zoom meeting yang dipusatkan di Kwartir Daerah (Kwarda) Gerakan Pramuka Daerah Istimewa Yogyakarta pada Sabtu malam, 21/8/2021. Dari Kwarda Riau dihadiri oleh Wakil Ketua bidang pengabdian masyarakat, penanggulangan bencana dan lingkungan hidup Joko Pujiono didampingi oleh Ketua Satuan Tugas (Satgas) Pramuka Peduli Lukman Hakem.

 

Malam apresiasi 60 tahun Gerakan Pramuka merupakan salah satu rangkaian kegiatan Peringatan Hari Pramuka Tahun 2021. Acara diikuti oleh Majelis Pembimbing Nasional, Kwarnas, Kwarda se-Indonesia, para mitra Gerakan Pramuka dan anggota Gerakan Pramuka.

 

Salah satu acara pokoknya adalah penganugerahan apresiasi untuk Kwartir Daerah Gerakan Pramuka, para mitra Gerakan Pramuka, Kwartir Cabang, dan tokoh Gerakan Pramuka. Selain itu, juga dilaksanakan peluncuran Sampul Hari Pertama (SHP) 60 tahun Geraka Pramuka, pemutaran film dokumenter 60 tahun perjalanan Gerakan Pramuka, pemutaran film perjalanan Sri Sultan Hamengkubuwono IX sebagai Bapak Pramuka Indonesia, pemutaran rencana pembangunan Museum Bapak Pramuka Indonesia dan menyanyikan lagu kebyar-kebyar oleh perwakilan Kwarnas dan Kwarda se-Indonesia. 

 

Kwarda Gerakan Pramuka Riau bersama Kwarda Jawa Tengah dan Sulawesi Selatan mendapatkan penghargaan apresiasi khusus dari Kwartir Nasional. Hal ini berdasarkan Surat Keputusan Kwarnas nomor : 119 tahun 2021 tentang pemberian apresiasi khusus dalam rangka 60 tahun Gerakan Pramuka. Penerima apresiasi khusus mendapatkan piagam penghargaan dan plakat 60 tahun Gerakan Pramuka dari Kwarnas. 

 

Ada tiga piagam penghargaan yang diterima oleh Kwarda Riau, pertama Kwarda yang ikut melaksanakan pengabdian masyarakat selama 2019-2021, kedua Kwarda yang ikut melaksanakan penanggulangan pandemi Covid-19 selama 2020-2021, dan ketiga Kwarda yang ikut serta dalam duta perubahan perilaku selama 2020-2021.

 

Selain itu, Kwartir Cabang (Kwarcab) Siak mendapatkan piagam penghargaan sebagai Kwarcab yang melaksanakan kepeloporan dalam implementasi Gugusdepan Ramah Lingkungan yang terintegrasi. Kwarcab Siak merupakan satu-satunya Kwarcab di Indonesia yang menerima penghargaan tersebut.

 

Ketua Kwarda Gerakan Pramuka Riau H.M.Azaly Djohan terkait apresiasi khusus yang diberikan oleh Kwarnas mengaku sangat senang dan bangga atas apresiasi Kwarnas kepada Kwarda se-Indonesia.

 

“Pengabdian masyarakat dan kegiatan pencegahan penularan Covid-19 serta kegiatan duta perubahan perilaku (mengajak masyarakat untuk patuh pada protokol kesehatan) perlu kita pertahankan dan tingkatkan” kata Azaly Djohan.

 

“Dengan adanya Covid-19, kita dapat meningkatkan kepedulian kepada masyarakat, mewujudkan satya dan darma kita serta selalu berpegang pada motto Gerakan Pramuka, satyaku kudarmakan, darmaku kubaktikan “ tambahnya.

 

“Saya mengucapkan terimakasih kepada Kwarnas Gerakan Pramuka yang telah memberikan apresiasi terhadap apa yang sudah dilakukan Kwarda Gerakan Pramuka, salah satunya Kwarda Riau”.

 

Sebagai informasi, selama kurun waktu 2020-2021 Kwarda Riau melalui bidang pengabdian masyarakat, penanggulangan bencana dan lingkungan hidup telah melaksanakan berbagai kegiatan dalam rangka pencegahan penularan Covid-19 dan membantu masyarakat terdampak Covid-19. Diantaranya pembuatan tempat cuci tangan dan pendistribusian tempat cuci tangan di tempat-tempat keramaian seperti di Pasar Sukaramai, Pasar Sail, Pasar Limapuluh, dan Mesjid, pembagian masker, penyemprotan disinfektan, pelaksanaan kegiatan rapid test, memberikan bantuan paket sembako kepada anggota Gerakan Pramuka dan masyarakat yang terdampak Covid-19 se-Provinsi Riau. Selain itu, para anggota Gerakan Pramuka di Provinsi Riau juga aktif sebagai duta perubahan perilaku mengajak masyarakat untuk patuh pada protokol kesehatan.

 

Sampai saat ini Kwarda Riau terus bergerak sesuai tema Hari Pramuka ke-60 tahun 2021 berbakti tanpa henti. Kemarin 13/8/2021 Kwarda Riau menerima bantuan paket sembako dari PT. Bumi Siak Pusako dan (19/8/2021), Kwarda Riau menerima bantuan paket sembako dari PT. Riau Andalan Pulp and Paper untuk membantu meringankan beban ekonomi anggota Gerakan Pramuka dan masyarakat yang terdampak Covid-19.

 

Semoga segala dukungan, bantuan, amal dan bakti yang telah diberikan oleh anggota Gerakan Pramuka dan mitra Gerakan Pramuka akan memberikan motivasi bagi kita semua untuk terus berbakti tanpa henti bagi eksistensi Gerakan Pramuka demi kemajuan dan ketangguhan Indonesia.


Akses www.bingkairiau.com Via Mobile m.bingkairiau.com
TULIS KOMENTAR
BERITA TERKAIT
BERITA LAINNYA
BERGABUNG DI SINI
KABAR POPULER