• Follow Us On : 

Lanjutkan PJJ, SMPN 31 Pekanbaru Andalkan WhatsApp

Lanjutkan PJJ, SMPN 31 Pekanbaru Andalkan WhatsApp Kepala SMPN 31 Pekanbaru, Gusna Dewi
Selasa, 03 Agustus 2021 - 18:45:30 WIB

Pekanbaru (Bingkai Riau) - SMPN 31 Pekanbaru masih melanjutkan pembelajaran jarak jauh (PJJ) di tahun ajaran baru 2020/2021. Hal ini dilakukan untuk mencegah penyebaran virus covid-19, dimana menghentikan sementara proses pembelajaran di sekolah dan semua siswa diwajibkan belajar di rumah.

Kepala SMPN 31 Pekanbaru, Gusna Dewi MPd mengatakan, untuk skenario PJJ, sekolah lebih memfokuskan siswa dan guru menggunakan media sosial yakni WhatsApp (WA) interaktif sampai nanti diizinkan dibuka. WA interaktif dimaksud adalah siswa wajib online full di WA grup kelasnya selama 2 jam untuk satu mata pelajaran.

"Dua jam ini meliputi, salam/ tegur sapa, do'a, absensi, seputar pandemic, pembentukan karakter, materi pembelajaran, tanya jawab dan diskusi, latihan terakhir penutup," kata Gusna Dewi.

Ia menyampaikan, SMPN 31 Pekanbaru  masih mengandalkan media sosial WhatsApp sebagai platform utama untuk memberikan materi ajar. Sebab, aplikasi pertemuan daring masih sukar untuk digunakan guru.

"Masih menggunakan medsos, terutama menggunakan WhatsApp (WA) grup kelas. Disamping penggunaan Whatssapp interatif beberapa guru juga menggunakan google classroom, zoom meeting dan lainnya.
Tetapi penggunaan Whatssapp interaktif menjadi pilihan bagi siswa dan guru karna keterbatasan fasilitas spesifikasi android dan hp yang mereka miliki," ungkapnya.

Menurutnya, pembelajaran lewat WhatsApp lebih efektif dan efisien sejauh ini. Sebab, hampir seluruh siswa dan guru menggunakan aplikasi percakapan tersebut. Dijelaskannya, mayoritas pakai android, hampir 90 persen. Sehingga PJJ instruksinya berbasis WA untuk PJJ.

"SMPN 31 Pekanbaru  masih akan terus mengevaluasi PJJ. Sebab, masih ada kendala yang kerap ditemui, saat materi daring dijalankan. Lalu kurangnya pendampingan, dan membuat konten yang menarik akan kami upayakan agar terus lebih baik," pungkasnya. (ade)


Akses www.bingkairiau.com Via Mobile m.bingkairiau.com
TULIS KOMENTAR
BERITA TERKAIT
BERITA LAINNYA
BERGABUNG DI SINI
KABAR POPULER