• Follow Us On : 

DOSEN FAI UIR YENNI YUNITA, M.PD.I PIMPIN PELAKSANAAN PENGABDIAN MASYARAKAT DI MTs MUHAMMADIYAH

DOSEN FAI UIR YENNI YUNITA, M.PD.I PIMPIN PELAKSANAAN PENGABDIAN MASYARAKAT DI MTs MUHAMMADIYAH Tim Dosen dari Prodi Pendidikan Agama Islam (PAI) yang di ketuai oleh Ibu Yenni Yunita, S.Pd.I, M.Pd.I Foto bersama dengan Guru MTs Muhammadiyah Lubuk Jambi kab
Senin, 05 April 2021 - 08:51:31 WIB
Pekanbaru (Bingkairiau.com) - Pengabdian Kepada masyarakat (PKM) Universitas Islam Riau (UIR) yang dilakukan oleh tim Dosen dari Prodi Pendidikan Agama Islam (PAI) yang di ketuai oleh Ibu Yenni Yunita, S.Pd.I, M.Pd.I yang beraggotakan 3 orang (Najmi Hayati, M.Ed, Irena Maharani dan Yurifa Aulia Ali) telah melakukan salah satu Catur Dharma Perguaruan Tinggi yaitu Pengabdian masyarakat yang bertempat di MTs Muhammadiyah Lubuk Jambi kab. Kuantan Singingi pada Hari jum’at , 26 Maret 2021. Kegiatan PKM ini diikuti oleh perwakilan majlis guru, guru bidang studi Bahasa Arab, serta perwakilan siswa dari kelas VII, VIII, dan IX. Turut hadir kepala Sekolah MTS Muhammadiyah yang memberikan kata sambutan sekaligus membuka acara tersebut.
 
Kegiatan ini bertemakan “ Urgensi belajar bahasa Arab melalui metode Komunikatif pada siswa MTs Muhammadiyah Lubuk Jambi kec. Kuantan Mudik, kab. Kuantan Singingi “ Menurut Yenni sebagai narasumber pada acara tersebut menyampaikan bahwa tema yang di angkat disini merupakan implementasi dari Penelitiannya tentang “metode pembejalaran bahasa Arab komunikatif….” yang di danai oleh Direktorat Riset dan Pengabdian masyarakat Direktorat Jendral Riset dan Pengembangan Kementrian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi.
 
“Metode komunikatif merupakan metode yang lebih mengandalkan atau mengutamakan kreativitas para siswa dalam melakukan latihan. Dimana keterlibatan Guru secara langsung mulai di kurangi dengan tujuan memberi kesempatan kepada siswa untuk mngembangkan kemampuan sendiri. Para siswa pada tahap ini ditekankan untuk lebih banyak berbicara dari pada Gurunya.”(Ujar yenni)
 
Ditegaskan, “Metode ini menganjarkan tentang bahasa bukan ilmu tata bahasa. Akan tetapi pembelajaran tata bahasa akan diperoleh oleh siswa secara tidak lansung melainkan tersirat pada pembelajaran tersebut.  Dengan kata lain guru bisa memberikan penjelasan tambahan. Dalam hal ini pengajaran bahasa asing yang lebih menekankan pada konsep interaksi, baik dalam proses maupun tujuan dari proses pembelajaran tersebut”.
 
Ditambahkan, Urgensi Belajar bahasa Arab melalui Metode Komunikatif diantarnya pertama, Siswa termotivasi dalam belajar karena pada hari pertama pelajaran, langsung dapat berkomunikasi. Kedua lancar berkomunikasi, dalam arti menguasai kompetensi, gramatikal, sosiolinguistik, wacana, dan strategis. Ketiga Suasana kelas hidup dengan aktivitas komunikasi antar pelajar dengan berbagai model intraksi dan tingkat pembahasan yang cukup tinggi, sehingga tidak membosankan.
 
Di akhir  acara kepala sekolah berharap akan ada keberlanjutan dari kegiatan ini yang di peruntukan untuk siswa karena mengingat banyak diantara para siswa yang prestesi dan nilainya menurun terutama pada mata pelajaran bahasa Arab. (ujar kep sek MTs). (Rls/Un)

Akses www.bingkairiau.com Via Mobile m.bingkairiau.com
TULIS KOMENTAR
BERITA TERKAIT
BERITA LAINNYA
BERGABUNG DI SINI
KABAR POPULER