• Follow Us On : 

Harapan Pengabdian Dosen PAUD Fakultas Agama Islam Universitas Riau Untuk Masyarakat Desa Selat Aur

Harapan Pengabdian Dosen PAUD Fakultas Agama Islam Universitas Riau Untuk Masyarakat Desa Selat Aur Tim Pengabdian Dosen Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Agama Islam Universitas Riau
Senin, 05 April 2021 - 08:38:07 WIB
Pekanbaru (Bingkairiau.com) - Lembaga PAUD merupakan lembaga pendidikan yang bersifat non formal bagi anak usia dini, mulai dari usia 0-6 tahun. Di dalam lembaga Pendidikan PAUD memberikan bekal bagi anak untuk menyongsong pendidikan berikutnya melalui kegiatan bermain yang berorientasi edukasi. Banyak kegiatan yang diselenggaran oleh lembaga pendidikan anak usia dini yang bertujuan untuk membentuk kepribadian anak menjadi anak yang baik sesuai dengan harapan para orang tua. Tujuan dari PAUD atau Pendidikan Anak Usia Dini adalah memberikan pendidikan yang paling baik untuk anak-anak sehingga membantu pertumbuhan dan perkembangan dirinya. Pengelolaan PAUD harus memiliki manajemen yang baik yang kita kenal dengan manajemen PAUD.
 
Manajemen Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) adalah upaya untuk mengatur proses Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) agar dapat mencapai tujuan membantu tumbuh kembang anak. Ruang lingkup manajemen PAUD ini diantaranya; apa yang dikelola, cara mengelola, cara perencanaannya, dan kemana arah manajemen PAUD nantinya. 
 
Beberapa hal penting yang biasanya menjadi fokus sekolah PAUD diantaranya adalah:Manajemen kurikulum PAUD, Manajemen pendidikan dan tenaga pendidik, Manajemen anak didik di lembaga PAUD, Manajemen sarana dan prasarana, Manajemen desain lingkungan sekolah, Manajemen proses, infput, dan output PAUD, Manajemen pengawasan PAUD.
 
Di perguruan Tinggi,  tugas pokok dari dosen adalah menjalankan Tri Dharma perguruan Tinggi yaitu : Pendidikan dan Pengajaran, Penelitian serta Pengabdian kepada Masyarakat. Salah satu bentuk pengabdian Masyarakat pada tim ini adalah Manajement PAUD. Tim pengabdian masyarakat dari Prodi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) dari Fakultas Agama islam Universitas Riau ini terdiri dari : Alucyana, M.Psi, Psikolog, Dian Tri Utami, M.Pd dan Raihana, M.A serta di bantu oleh beberapa mahasiswa dari Prodi PIAUD melaksanakan kegiatan tersebut di Pada TK Al Fitrah desa Selat Aur Kecamatan Kampa Kabupaten Kampar Propinsi Riau.  
 
Adapun tujuan kegiatan  Pengabdian Masyarakat ini adalah: Memberikan  pendampingan manajemen kurikulum PAUD pada guru guru PAUD dan Memberikan ketrampilan  merancang kurikulum PAUD. Manfaat yang akan di peroleh dari kegiatan ini adalah : Guru guru PAUD TK Al- Fitrah Desa Selat Aur Kecamatan Kampa Kabupaten Kampar Propinsi Riau memiliki ketrampilan dalam merancang dan membuat program semester, program harian dan program mingguan.  Memotivasi mahasiswa dan menumbuhkan rasa empati dan terlibat langsung dalam menjawab persoalan di bidang pendidikan.
 
Sasaran  dari kegitan tersebut adalah Guru Guru PAUD yang ada di TK tersebut di tambah dengan beberapa guru PAUD lainnya di daerah sekitar. Kegiatan pengabdian masyarakat ini di laksanakan pada hari Jumat  tanggal 4 Maret 2021.
 
Dalam Kegiatan pengbadian Masyarakat ini  para Guru di berikan materi tentang pentingnya perencanaan pembelajaran Anka usia dini yang di tuangkan dalam bentuk penyusunan RPPH. Kegiatan ini juga di isi dengan praktek langsung bagimana membuat penyusunan RPPH dengan pembelajaran Saintifik sesuai dengan kurikulum K13. Para Guru sangat antusias dengan kegiatan ini. Terlihat ada banyak pertanyaan yang di ajukan yang merupakan respon balik dari materi yang sudah di sampaikan. (Rls/Un)

Akses www.bingkairiau.com Via Mobile m.bingkairiau.com
TULIS KOMENTAR
BERITA TERKAIT
BERITA LAINNYA
BERGABUNG DI SINI
KABAR POPULER