• Follow Us On : 

MEMBENTUK GENERASI MILENIAL YANG CEMERLANG

MEMBENTUK GENERASI MILENIAL YANG CEMERLANG Nurazimah, Guru MTSN 3 Pekanbaru
Senin, 21 Desember 2020 - 10:54:51 WIB
Oleh: Nurazimah, Guru MTsN 3 Pekanbaru
 
SEIRING dengan perkembangan zaman, maka peradaban manusia pun terus berkembang. Peradaban Islam telah memberikan peran yang besar terhadap dunia, memberikan pencerahan, dan membimbing manusia keluar dari penyimpangan dan kebinasaan akhlak. 
 
Peradaban Islam berlandaskan pada dua dasar fundamental yaitu al-Qur‘an dan Hadis. Peradaban berasal dari kata "adab" yang berarti kesopanan, kehalusan, dan budi pekerti akhlak. Kelahiran Islam pada abad ke-7 M dianggap sebagai pembangun dunia baru dengan pemikiran baru, cita-cita baru, kebudayaan, serta peradaban baru. 
 
Ilmu pengetahuan sangat berperan dalam kemajuan sebuah peradaban. Begitu pula dengan kemajuan peradaban Islam yang tidak dapat dipisahkan dari kemajuan ilmu pengetahuan. Mulyadhi Kartanegara dalam bukunya Reaktualisasi Tradisi Ilmiah Islam menyatakan bahwa terdapat tiga faktor yang menyebabkan berkembangnya ilmu pengetahuan dimasa kejayaan Islam. 
 
Faktor pertama adalah agama, faktor kedua apresiasi masyarakat terhadap ilmu, dan faktor ketiga patronase atau perlindungan dan dukungan dari para penguasa dan orang-orang kaya terhadap berbagai kegiatan ilmiah.
Perkembangan zaman dan teknologi akan sangat mempengaruhi karakteristik dan pola pikir. Hal ini terlihat jelas pada pemikiran generasi milenial. 
 
Milenial adalah sebutan bagi mereka yang lahir di tahun 1981-1994. Ini yang biasa disebut dengan generasi milenial. Mereka lahir, tumbuh, dan bekerja pada masa teknologi berkembang dengan pesat. Generasi milenial sangat inovatif, hal ini bisa dilihat dari cara mereka bekerja. Pola pikir milenial cendrung anti mainstream. Cara mereka mamaknai hidup berbeda dengan generasi sebelumnya.
 
Jika berkaca pada sejarah, maka ilmu pengetahuan diperlukan untuk membentuk generasi milenial yang cemerlang. Karna milenial atau generasi muda dapat membawa perubahan besar dalam peradaban. Semangat kaum muda adalah semangat perubahan, kreatif, dan inovatif.
 
Beberapa langkah yang dapat ditempuh untuk membentuk genrasi milenial yang cemerlang adalah:
  1. Menanamkan nilai-nilai religi kepada milenial.
  2. Menuntun milenial agar menjadi generasi yang merdeka belajar.
  3. Memberikan pemahaman kepada generasi milenial tentang pentingnya literasi.
 
Saat ini Indonesia memiliki kurang lebih 50 persen generasi milenial pada usia produktif. Tentunya hal ini akan menjadi momentum kebangkitan negara Indonesia menghadapi era globalisasi. Sehingga perlu untuk mempersiapkan generasi milenial yang dapat menghadapi tantangan dalam era globalisasi. Generasi milenial yang cemerlang diharapkan dapat bersaing dan memiliki kompetensi yang baik dalam menghadapi era globalisasi. (***)
 

Akses www.bingkairiau.com Via Mobile m.bingkairiau.com
TULIS KOMENTAR
BERITA TERKAIT
BERITA LAINNYA
BERGABUNG DI SINI
KABAR POPULER