• Follow Us On : 

SMAN Olahraga Riau Gelar Pemilihan OSIS Secara Daring dan Luring

SMAN Olahraga Riau Gelar Pemilihan OSIS Secara Daring dan Luring
Sabtu, 14 November 2020 - 09:23:56 WIB
Pekanbaru (Bingkai Riau) - Pandemi Covid-19 tidak menyurutkan semangat siswa SMAN Olahraga (SMANOR) Riau untuk belajar berdemokrasi melalui pemilihan ketua OSIS. Hal ini juga terjadi di SMANOR Riau, yang menggelar pemilihan Ketua OSIS masa bakti 2020-2021 pada Sabtu (14/11/2020) dengan dua sistem yakni luring dan daring
 
Menurut Wakil Kesiswaan SMAN Olahraga Riau, Samsiar SPd MPd, di saat dituntut untuk menerapkan protokol kesehatan ketat, sekolah mensiasati pemilihan ketua OSIS tahun ini memakai sistem daring dengan cara e-votting. Ia mengatakan, setiap warga sekolah yang memiliki hak pilih telah memiliki akun masing-masing untuk masuk dan mengunduh lewat link yang telah ditentukan. 
 
"Mereka tak bisa memilih sebelum webnya diaktifkan. Pemilihan dimulai pukul 09.00-16.00 WIB. Sementara akun tersebut hanya bisa digunakan sekali, tak bisa berkali-kali. Sedangkan untuk sistem luring, pemilih bisa datang langsung ke sekolah untuk melakukan pencoblosan surat suara dengan tetap mematuhi protokol kesehatan," ujar Samsiar.
 
Sebelumnya lanjut Samsiar, para pemilih sudah diberikan informasi seputar profil dan visi-misi dari masing-masing kandidat. Selanjutnya diberikan opsi untuk memilih calon ketua Osis sesuai dengan hati nurani. "Sebelum memilih bisa baca dulu profil dan visi-misi untuk memantapkan pilihan. Atau bisa langsung memilih jika sudah yakin," jelasnya.
 
Disampaikannya, pemilihan OSIS tersebut merupakan proses pembelajaran demokrasi kepada siswa secara langsung. Tentu dalam menentukan Paslon ada beberapa tahapan yang harus dilalui. Tahapannya terdiri dari pemeriksaan administrasi, tes akademik, kemampuan berorganisasi, dan bakat minat. Pihaknya berharap, siapapun yang terpilih dari dua paslon itu. Mampu membawa dan mengangkat nama baik sekolah.
 
"Ada dua pasangan calon (paslon) yang mengikuti pemilihan ketua-wakil ketua tahun ini, mereka terdiri dari Iksani-Fajar dan Aridho-Aulia. Sementara hingga akhir pemilihan voting suara terbanyak dimiliki oleh pasangan Aridho-Aulia dengan total jumlah suaranya 134 dengan rincian jumlah suara luring 76 dan jumlah suara daring 58. Kepada pasangan ketua Osis terpilih, semoga amanah dan membawa perubahan yang positif," harapnya.
 
Ditempat yang sama, Kepala SMAN Olahraga Riau, H Sahid Suwarno SPd MM menjelaskan, Pemilihan Osis secara e-voting menjadi pilihan yang harus dilakukan di masa pandemik COVID-19 saat ini. Selain meminimalkan terjadinya kerumunan dan mencegah penyebaran virus, cara ini dinilai efektif dan efisien.
 
"Dengan bantuan teknologi informasi yang m