• Follow Us On : 

KOMUNIKASI EFEKTIF ANTARA GURU DAN SISWA

KOMUNIKASI EFEKTIF ANTARA GURU DAN SISWA Guru MTsN 3 Pekanbaru, Musriyah, S.Pd, M.Pd.I
Selasa, 10 November 2020 - 20:51:31 WIB
Oleh: Musriyah, S.Pd, M.Pd.I, Guru MTsN 3 Pekanbaru
 
Dalam dunia pendidikan komunikasi memegang peranan penting. Keberhasilan sebuah proses pembelajaran akan tergantung dari komunikasi yang efektif antara guru dan siswa. Menurut Harorl D. Lasswell, komunikasi merupakan suatu proses yang menjelaskan siapa, mengatakan apa, dengan saluran apa, kepada siapa, dengan akibat apa atau hasil apa.
 
Komunikasi umumnya dilakukan dengan menggunakan lisan yang dimengerti oleh kedua belah pihak. Namun, komunikasi tidak hanya terbatas pada komunikasi lisan. Komunikasi dapat juga dilakukan dengan gerak-gerik tubuh atau memperlihatkan sikap tertentu yang disebut juga dengan komunikasi nonverbal. 
 
Proses komunikasi tidak selamanya berjalan dengan baik. Komunikasi memiliki peran penting dalam kehidupan manusia. Melalui komunikasi manusia dapat menyampaikan pikiran, ide, pendapat, dan perasaannya.
 
Saat berkomunikasi kita terkadang lupa, kita sering menganggap lawan bicara memahami apa maksud pembicaraan kita tanpa menjelaskan dengan baik informasi-informasi yang harus diterima oleh lawan bicara. Hal ini yang sering menyebabkan komunikasi berjalan tidak efektif.
 
Komunikasi yang baik akan terjadi saat kita memahami kondisi lawan bicara. Menambahkan empati harus dilakukan saat kita berkomunikasi. Cara yang paling efektif untuk memahami yang dimaksudkan lawan bicara adalah dengan menempatkan diri sebagai orang yang kita ajak bicara. Luangkanlah waktu untuk melihat lingkungan di sekitar untuk membantu mengetahui cara yang efisien dalam berkomunikassiswa.Dalam kaitannya dengan relasi antara guru dan siswa, komunikasi yang efektif dapat diciptakan jika guru memahami karakter siswa. 
 
Agar siswa lebih mudah memahami apa yang dimaksud oleh guru maka guru harus memperhatikan beberapa hal berikut:
 
  1. Menggunakan bahasa yang mudah dipahami oleh siswa.
  2. Tidak mengunakan kata yang menyalahkan siswa.
  3. Menjadi pendengar yang baik.
  4. Memahami kondisi siswa.
  5. Jelas dalam berkomunikasi dengan siswa.
  6. Berempati terhadap siswa.
 
Komunikasi berperan penting dalam kesuksesan proses pembelajaran. Saat berbicara, tentunya guru ingin siswa mengerti apa yang sedang disampaikannya. Agar komunikasi berjalan efektif dan informasi yang disampaikan oleh guru dapat diterima dan dipahami oleh siswa, maka guru perlu menerapkan pola komunikasi yang efektif. 
 
Dengan memahami dan menerapkan pola komunikasi efektif diharapkan proses pembelajaran akan berjalan dengan baik dan siswa dapat mengerti dengan mudah apa yang disampaikan oleh guru. (***)
 

Akses www.bingkairiau.com Via Mobile m.bingkairiau.com
TULIS KOMENTAR
BERITA TERKAIT
BERITA LAINNYA
BERGABUNG DI SINI
KABAR POPULER