• Follow Us On : 

Masyarakat Kec.Kerinci kanan Kab.Siak Datang ke Paso Dukcapil Guna Pengurusan Dokumen Kependudukan

Masyarakat Kec.Kerinci kanan Kab.Siak Datang ke Paso Dukcapil Guna Pengurusan Dokumen Kependudukan
Rabu, 04 November 2020 - 21:16:26 WIB

SIAK (Bingkai Riau) - Dinas Kependudukan dan catatan Sipil Kab.Siak,Melaksanakan Program "Paso Dukcapil" atau turun langsung di setiap kecamatan,guna Mempermudah Pengurusan Dokumen Kependudukan bagi Masyarakat di Kecamatan Kerinci Kanan  Selasa ( 3/11/2020 ).

 
Kepala Bidang Dukcapil,Kabupaten Siak,Tengku Abdul Wahid,menjelaskan,Program Paso Dukcapil ini dalam Rangka Menjalankan amanat Undang Undang Kementrian Dalam Negeri,agar Melakukan Pelayanan Lansung kepada Masyarakat dengan cara turun ke kampung - kampung,namun karena keterbatasan Petugas/Tim hingga di laksanakan di Kantor kecamatan untuk Memberikan Pelayanan kepada Masyarakat dalam Pengurusan Seluruh Dokumen Kependudukan.
 
Tengku Abdul Wahid jua Menjelaskan,Program ini Seharusnya dinmulai sejak Maret 2020 lalu,namun karena ada beberapa Kendala seperti ada nya Rasionalisasi anggaran Kabupaten mengahadapi masa pandemi saat ini,sekarang baru bisa Pelaksanaannya.
 
"Pelaksanaan Paso Dukcapil Merupakan Inovasi Baru di Disdukcapil Kab.Siak,Paso Dukcapil ini sudah di laksanakan di Kec.
Sungai apit,Kec.Sungai Mandau,Kec.Kandis,dan hari ini Kerinci kanan,dengan agenda Pelayanan selama Dua hari,
 
Bagi masyarakat yang belum memiliki Dokumen Kependudukan,seperti KTP elektronik, Kartu Indentitas Anak ( KIA ),Dokumenn Pindah,Akte Kelahiran,akte Nikah agar segera Mengurus di Tempat dimana Program Paso Dukcapil dilaksanakan atau bisa lansung ke Disdukcapil Kabupaten. Ketersedian Belangko e- KTP tidak lagi ada kendala,dan kepada Camat,Pengulu maupun RT dan RW setempat,agar dapat Mensosialisasi kan kepada Masyarakat nya,bagi yang Belum memiliki Dokumen Kependudukan,Himbau Tengku Abdul Wahid.
 
Pengurusan Dokumen sangat Mudah,setelah semua Persyaratannya Lengkap,lansung di Proses saat itu juga,lansung di cetak "tutup nya.
 
Camat Kerinci kanan,Muhammad Hassanal Lutfi,Menyampaikan Terima kasih kepada Disdukcapil kab.siak yang telah Memprogramkan Pelaksanaan perekeman Pembuatan atau Pengurusan Dokumen Kependudukan di kecamatannya,Ia Berharap dengan Adanya Program Perekaman datang lansung atau Jemput bola ke Kecamatan seperti ini,Masyarakat mudah Menjangkau tidak lagi susah payah datang ke Kantor Disdukcapil yang berada di Kota Kabupaten.Masyarakat hanya datang ke kantor camat saja.
 
" Kami Pihak.Kecamatan Mempasilitasi dan mendukung Program Paso Dukcapil,sebelumnya kami sudah Mensosialisasikan kepada Masyarakat yang ingin Mengurus Keperluan Dokumen Keendudukan,agar datang pada Jadwal yang dibuat Program Paso Dukcapil.
 
Dimasa Pandemi Pihak Kecamatan juga Mempersiapkan Tempat dengan Protokol Kesehatan,seperti Memberikan kan masker bagi Warga yang datang tidak menggunakan Masker,agar menjaga jarak serta mencuci tangan (menyediakan Hendsanitizer ) di sediakan di setiap ruangan,Ruang tunggu sengaja di tempatkan Outdoor guna mencegah terjadinya penularan covid19"tambah M
Lutfi.
 
Ia juga berharap,Semoga Kedepan Mesin Cetak Dokumen Kependudukan seperti Cetak E- KTP Kedepan bisa di adakan di Seluruh UPT Dukcapil atau di Kecamatan,agar  Masyarakat Mudah dan tidak perlu ke Kantor Disdukcapil Kabupaten untuk Mengurus Semua dokumen Kependudukan.
 
 
 
( wak-and )

Akses www.bingkairiau.com Via Mobile m.bingkairiau.com
TULIS KOMENTAR
BERITA TERKAIT
BERITA LAINNYA
BERGABUNG DI SINI
KABAR POPULER