• Follow Us On : 

DPRD Bengkalis Terima Kunjungan DPRD Labuhanbatu

DPRD Bengkalis Terima Kunjungan DPRD Labuhanbatu
Selasa, 06 Oktober 2020 - 20:30:06 WIB
BENGKALIS (Bingkai Riau) – Ketua DPRD Kabupaten Bengkalis H. Khairul Umam didampingi Ketua Komisi IV Sofyan, menerima kunjungan Ketua DPRD dan anggota Komisi IV DPRD Kabupaten Labuhanbatu dalam rangka sharing informasi dan wawasan di bidang lingkungan hidup dan kesehatan, Selasa (06/10/2020).
 
Dalam sambutannya, Ketua DPRD Kabupaten Bengkalis berterimakasih atas kunjungan yang dilakukan oleh Komisi IV DPRD Labuhanbatu. “Dengan pertemuan ini, selain mempererat tali silaturahmi juga dapat saling sharing informasi, dan memberikan dampak positif serta kelancaran tugas daerah masing-masing untuk lebih maju lagi”.
 
Ketua DPRD Labuhanbatu Hj. Meika Riyanti Siregar mengatakan Kabupaten Bengkalis dibandingkan dengan Labuhanbatu, tingkat kebersihan dan lingkungan hidup lebih baik dan bersih, hal ini tentunya menjadi tolak ukur bagaimana upaya-upaya yang dilakukan Kabupaten Bengkalis dalam pencapaian tersebut sehingga nantinya bisa ditampung dan diaplikasikan di Labuhanbatu.
 
Ketua Komisi IV Sofyan menjelaskan secara singkat luas daerah serta Kecamatan yang ada di Kabupaten Bengkalis.
 
“Terkait kesehatan masyarakat terutama saat pandemi covid-19 tidak mengurangi pelayanan kesehatan di Kabupaten Bengkalis, mengayomi warga yang tidak mampu terkait pelayanan kesehatan, pendataan BPJS dan Jamkesmasda seluruhnya ditanggung oleh pemerintah daerah," tambah Sofyan.
 
Ketua Komisi IV DPRD Labuhanbatu, Harianto Ritonga memberikan apresiasi kepada Kabupaten Bengkalis dalam mendapatkan prestasi terkait kebersihan dan kesehatan. Ia mempertanyakan upaya dan langkah-langkah yang pemerintah daerah lakukan terkait penyaluran BPJS sehingga bisa mengcover seluruh warga Kabupaten Bengkalis serta kiat-kiat dalam upaya menggalakkan dan menjaga kebersihan.
 
Sekretaris Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bengkalis menjelaskan bahwa dalam menjaga kebersihan diperlukan pengelolaan bidang pembuangan sampah. 
 
“Ada 6 UPT untuk pengelolaan sampah di masing-masing kecamatan, memperkerjakan THL yang berfungsi untuk pembersihan gorong-gorong, penyapu jalan untuk lingkungan kota serta himbauan kepada masyarakat agar tidak membakar sampah dan diletakkan di tempat-tempat yang telah disediakan untuk di angkut ke TPA.” 
 
Terkait pelayanan kesehatan, kepala bidang TP2A Dinas Kesehatan Kabupaten Bengkalis, Alwizar menjelaskan bahwa ada beberapa program yang telah dilakukan, meliputi perbaikan gizi, perbaikan upaya kesehatan termasuk BPJS, pengawasan obat dan makanan, bekerjasama dengan balai POM, program pembangunan sumber daya manusia, program pembiayaan kesehatan dan program penelitian contohnya kasus Covid-19.
 
Ditambahkan Khairul Umam, “Terkait BPJS, ada beberapa kategori yang telah disepakati yakni BPJS mandiri dan perusahaan serta BPJS masyarakat yang kurang mampu yang di tanggung oleh pemerintah daerah. Terkait masyarakat yang belum mempunyai BPJS yang berobat ke RSUD diberikan waktu selama 3 hari untuk melengkapi standarisasi data dalam pembuatan BPJS yang secara keseluruhan di tanggung oleh pemerintah daerah dengan catatan seseorang itu benar-benar masyarakat kurang mampu atau miskin."
 
Acara diakhiri dengan penyerahan cenderamata  dari Ketua DPRD Labuhanbatu kepada Ketua DPRD bengkalis dan foto bersama.
 
Hadir dalam pertemuan Kabag Keuangan Akmal, Kabag Persidangan Firdaus, dan Kabag Humas dan Protok oler Erry Ibrahim.
 
 
 
Sumber : Humas DPRD Kab.Bengkalis

Akses www.bingkairiau.com Via Mobile m.bingkairiau.com
TULIS KOMENTAR
BERITA TERKAIT
BERITA LAINNYA
BERGABUNG DI SINI
KABAR POPULER