• Follow Us On : 

Tim Penilai Perpustakaan Apresiasi Pustaka Alam Ceria SMPN 34 Pekanbaru

Tim Penilai Perpustakaan Apresiasi Pustaka Alam Ceria SMPN 34 Pekanbaru
Kamis, 24 September 2020 - 14:58:36 WIB
Pekanbaru (Bingkai Riau) -  Tim penilai administrasi dari Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispusip) Kota Pekanbaru mengapresiasi Pustaka Alam Ceria SMPN 34 Pekanbaru. Hal tersebut dilakukan saat tim dari Dispusip melakukan kunjungan ke SMPN 34 Pekanbaru beberapa waktu lalu.
 
Kepala SMPN 34 Pekanbaru Elvi Devita MPd mengatakan, mereka juga melakukan penilaian administrasi untuk Pustaka Alam Ceria SMPN 34 Pekanbaru.
 
Menurutnya, lomba perpustakan diadakan bertujan untuk meningkatkan kualitas penilaian perpustakaan di Indonesia. Penilaian dilaksanakan dari semua aspek, seperti kelembagaan, organisasi, adminsitrasi, sumberdaya manusia, anggaran, koleksi buku, system layanan, dan pengunjung. 
 
"Kemudian dinamika minat baca di lingkungan sekolahnya serta prestasi apa yang dicapai sebelumnya semua menjadi indikator yang akan dinilai, disamping presentasi dari petugas perpustakaan dengan kapasitas yang baik juga dinilai," kata Elvi. 
 
Selain itu lanjut Elvi, penilaian juga bertujuan untuk bagaimana perpustakaan menjadi sarana mencerdaskan bangsa selain pendidikan formal. "Untuk mengembangkan kecerdasan bangsa, tidak hanya mengembangkan pendidikan formal, seperti sekolah, namun non formal juga berperan, salah satunya perpustakaan," ungkapnya. 
 
Ia menjelaskan, perpustakaan merupakan salah satu sarana pembelajaran yang dapat menjadi sebuah kekuatan untuk mencerdaskan bangsa. Perpustakaan mempunyai peranan penting sebagai jembatan menuju penguasaan ilmu pengetahuan yang sekaligus menjadi tempat rekreasi yang menyenangkan dan menyegarkan. 
"Perspustakaan memberi kontribusi yang penting bagi terbukanya informasi tentang ilmu pengetahuan. Membaca adalah nafas hidup dan jembatan emas menjadi pemimpin maka teruslah berkarya berbuat yang terbaik," ujar Elvi.
 
Lebih jauh disampaikannya, semangat literasi tak hanya ditularkan pada siswa dan siswinya, namun kepada seluruh masyarakat luas agar siapapun dapat menambah ilmu dan pengetahuannya. Ia mengatakan kegiatan lomba perpustakaan sekolah ini bertujuan untuk memotivasi dan mengembangkan perpustakaan sekolah agar lebih baik.
 
"Sehingga perpustakaan sekolah yang menjadi jantungnya sekolah bisa berstandar nasional. Jika perpustakaan sekolah lengkap dan punya inovasi menarik bagi siswa tentunya menjadi daya tarik siswa untuk datang ke perpustakaan," tambahnya.
 
Elvi berharap, dengan adanya kegiatan lomba perpustakaan se Kota Pekanbaru, sekolah mampu bersaing dan berbenah memperbaiki kualitas perpustakaan. "Saya harap siswa akan tertarik dengan buku, gemar membaca dalam menciptakan budaya literasi," harap Elvi. (ade)
 

Akses www.bingkairiau.com Via Mobile m.bingkairiau.com
TULIS KOMENTAR
BERITA TERKAIT
BERITA LAINNYA
BERGABUNG DI SINI
KABAR POPULER