• Follow Us On : 

Menghadapi PJJ TA.2020/2021, Guru SMAN 7 Pekanbaru Membuat Media Pembelajaran Berbasis IT

Menghadapi PJJ TA.2020/2021, Guru SMAN 7 Pekanbaru Membuat Media Pembelajaran Berbasis IT
Jumat, 10 Juli 2020 - 21:53:55 WIB
Pekanbaru (Bingkai Riau) - Guna mengahadapi pembelajaran jarak jauh (PJJ) TA.2020/2021 yang dimulai tanggal 13 Juli 2020 mendatang, para pendidik dituntut melaksanakan pembelajaran secara online. 
 
Kepala SMAN 7 Pekanbaru, Dr Hj Nurhafni MPd mengatakan, dimasa era new normal berbasis IT dan memghadapi PJJ, guru-guru per mata pelajaran dituntut bisa membuat media pembelajaran berbasis IT, dan membuat absensi online. 
 
"Era new normal sekarang kan siswa masih tidak perlu datang ke sekolah dan hanya belajar dari rumah, guru juga mengajar dari rumah. Untuk itu, guru-guru kita berikan beberapa pelatihan untuk menigkatkan kompetensinya di bidang IT. Dimana pelatihan tersebut di bimbing oleh mentor yang juga merupakan guru IT SMAN 7 Pekanbaru, Prihatin Tini Murti Astuti ST dan Imelda Sandra JS, S.Pd," kata Nurhafni.
 
Menurutnya, pelaksanaan tahun ajaran baru tidak sama dengan kegiatan belajar mengajar secara tatap muka di sekolah. Selama masa pandemi Covid-19, pembelajaran jarak jauh menjadi pilihan utama.
 
"Pembelajaran jarak jauh saat ini berbasis internet, menggunakan media televisi dan radio, serta berbagai modul yang bisa dipelajari secara mandiri. Model pembelajaran jarak jauh memerlukan kolaborasi yang baik antara guru dan orang tua. Aktivitas dan tugas pembelajaran bisa dilakukan bervariasi disesuaikan dengan minat siswa, serta akses atau fasilitas belajar di rumah," ujarnya.
 
Nurhafni menjelaskan, guru belajar menggunakan aplikasi absen online salah satu aplikasinya adalah google form. Tujuannya untuk membantu siswa dan memastikan guru serta siswa belajar dengan baik di rumah.
 
"Kita semua diharapkan mampu menggunakan teknologi demi percepatan transformasi pendidikan. Guru harus menguasai teknologi pembelajaran berbasis online meliputi ketiga jenis pemanfaaatan teknologi. Baik itu sebagai media, sumber belajar maupun sebagai alat peraga," jelasnya. (ade)

Akses www.bingkairiau.com Via Mobile m.bingkairiau.com
TULIS KOMENTAR
BERITA TERKAIT
BERITA LAINNYA
BERGABUNG DI SINI
KABAR POPULER