• Follow Us On : 

Direktorat PSMA Kemendikbud Lakukan Pendampingan dan Supervisi Program KWU 2019 di SMAN 7 Pekanbaru

Direktorat PSMA Kemendikbud Lakukan Pendampingan dan Supervisi Program KWU 2019 di SMAN 7 Pekanbaru
Senin, 11 November 2019 - 19:03:42 WIB
Pekanbaru (Bingkai Riau) - Direktorat Pembinaan Sekolah Menegah Atas (PSMA) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) RI melakukan pendampingan dan supervisi program kewirausahaan 2019 di SMAN 7 Pekanbaru, Senin (11/11/2019). 
 
Menurut Kepala SMAN 7 Pekanbaru, Dr Hj Nurhafni MPd, SMAN 7 Pekanbaru dipercaya oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) RI sebagai Sekolah Kewirausahaan (KWU). Penunjukan tersebut, setelah memenuhi standar yang ditetapkan Kemendikbud. 
 
"Kemendikbud RI melalui Direktorat PSMA melakukan pendampingan dan supervisi program kewirausahaan 
2019 ke 150 SMA di 34 provinsi se-Indonesia. Salah satunya termasuk SMAN 7 Pekanbaru. Dan dari 204 sekolah di Indonesia juga, SMAN 7 Pekanbaru menjadi satu-satunya sekolah KWU di Kota Pekanbaru," ujar Nurhafni.
 
Ia menyebutkan program kewirausahaan dimaksudkan sebagai salah satu upaya memberi bekal kepada peserta didik agar mereka memahami konsep kewirausahaan, memiliki karakter wirausaha, mampu memanfaatkan peluang dan mendapatkan pengalaman langsung berwirausaha, serta terbentuknya lingkungan sekolah yang berwawasan 
kewirausahaan
 
"Adapun tujuan dari program KWU adalah meningkatkan daya inisiatif sekolah untuk mengembangkan program kewirausahaan, memperkuat pendidikan karakter peserta didik melalui program kewirausahaan di SMA, memperkuat aspek kreatifitas dan literasi dalam berwirausaha," ungkapnya.
 
Selain itu, lanjutnya, KWU juga bertujuan mendorong sekolah untuk mengembangkan pribadi peserta didik yang memiliki karakter wirausaha, mengoptimalkan pendayagunaan potensi sumber daya sekolah, keunggulan lokal dan masyarakat untuk meningkatkan mutu pendidikn kewirausahaan, mendorong sekolah untuk menjalin kemitraan dengan ekosistem ABCGM dalam mengembangkan program kewirausahaan serta mengembangkan praktik - praktik terbaik penyelenggaraan program kewirausahaan berbasis keunggulan lokal yang dapat dirujuk sekolah lain.
 
"Kita berharap dengan program KWU ini pendayagunaan potensi sumber daya sekolah, keunggulan lokal dan masyarakat meningkat secara optimal, kemitraan dengan ekosistem ABCGM terjalin dalam mengembangkan program kewirausahaan terjalin dan terbentuk praktik-praktik terbaik (best practices) penyelenggaraan program kewirausahaan berbasis keunggulan lokal yang dapat dirujuk sekolah lain," tambahnya.
 
Disampaikannya, dengan program KWU ini pula, bisa menjadi motivasi untuk kemajuan pendidikan di Riau, khususnya SMAN 7 Pekanbaru.
 
"Alhamdulillah, saat ini siswa sudah punya semangat untuk berwirausaha sesuai dengan inovasi dan kreatifitas mereka. Bahkan, kami sudah memiliki 5 sekolah imbas dalam penerapan program KWU, yakni SMAN 3 Pekanbaru, SMAN 15 Pekanbaru, SMA Serirama, SMA Setia Dharma dan SMA Nurul Fallah,'' jelasnya.
 
Sementara, Kemendikbud RI melalui Tim Supervisi Direktorat PSMA, Syamsuddin MPd saat menyambangi SMAN 7 Pekanbaru, disambut langsung oleh Kepala SMAN 7 Pekanbaru, Dr Hj Nurhafni MPd, Anggota DPRD Provinsi Riau Ade Hartati dan Korwas Disdik Riau, Joyosman.
 
Setibanya di SMAN 7 Pekanbaru. Syamsuddin disuguhkan oleh berbagai penampilan bakat dan minat siswa SMAN 7 Pekanbaru. Tak hanya itu, ia juga berkesempatan melihat berbagai hasil kewirausahaan siswa SMAN 7 dibawah naungan Kelompok Usaha Siswa (KUS) BEDELAU. Diantaranya makanan khas riau, baju, kerajinan tangan, tanjak, selendang serta barang lainnya yang dibuat langsung oleh siswa SMAN 7 Pekanbaru. 
 
''Kedatangan saya ke sini (SMAN 7, red) untuk melihat langsung sejauh apa perkembangan program KWU. Hasilnya, sejauh ini program KWU di SMAN 7 Pekanbaru berjalan baik. Mulai dari karakter siswa hingga kewirausahaan yang didukung langsung oleh para guru,'' ujar Syamsuddin.
 
Syamsudin mengatakan, melalui program KWU, Kemendikbud RI ingin para generasi muda harapan bangsa bisa mandiri. Sehingga, bisa terjun ke masyarakat dengan jiwa kewirausahaan.
 
"Intinya program sudah berjalan bagus. Siswa pun mampu menghasilkan barang yang dinilai ekonomis dan mampu menarik minat masyarakat. Diharapkan SMAN 7 Pekanbaru dapat mengimbaskan program kewirausahaan ke sekolah lain. Sehingga sekolah lain juga bisa lebih kreatif. Intinya program KWU merupakan upaya menumbuhkan jiwa kewirausaha sejak dini,'' harapnya. (ade)
 
 

Akses www.bingkairiau.com Via Mobile m.bingkairiau.com
TULIS KOMENTAR
BERITA TERKAIT
BERITA LAINNYA
BERGABUNG DI SINI
KABAR POPULER