• Follow Us On : 

SMPN 33 Pekanbaru Seleksi Calon Ketua Osis 2019-2020, Inilah 4 Nama Kandidat Terpilih

SMPN 33 Pekanbaru Seleksi Calon Ketua Osis 2019-2020, Inilah 4 Nama Kandidat Terpilih
Sabtu, 05 Oktober 2019 - 19:46:13 WIB
Pekanbaru (Bingkai Riau) - SMPN 33 Pekanbaru telah melakukan seleksi untuk calon ketua Organisasi Siswa Intra Sekolah (Osis) periode 2019-2020. Dari 20 peserta siswa yang ikut seleksi, maka terpilihlah 4 kandidat calon.
 
Kepala SMPN 33 Pekanbaru, Hj Wijayanti Sri Utari SPd menjelaskan, OSIS sebagai wadah siswa dalam berorganisasi menjadi sebuah peminatan yang sangat tinggi bagi siswa untuk dapat masuk didalamnya sebagai pengurus. Dengan menggunakan sistem seleksi minat, akademis dan wawancara terbentuklah OSIS yang baru periode 2019-2020. 
 
"Selanjutnya, Senin (07/10/2019), semua calon memaparkan visi, misi dan program yang diusungnya dan semua siswa mendengarkan serta bertanya untuk menguji calon pilihannya. Dan paling lambat tanggal 28 Oktober, kita akan menyelenggarakan Pemilihan Ketua OSIS yang diikuti oleh 4 calon ketua OSIS," jelas Wijayanti.
 
Wijayanti mengatakan, kegiatan tersebut untuk mendidik seluruh siswa dan siswi tentang cara berdemokrasi. Pemilihan seperti ini sudah berlangsung tiap tahun atau merupakan agenda tahunan. Disampaikannya, selain mengenalkan sistem demokrasi, juga agar siswa memahami pentingnya memilih pemimpin mulai dari sekolah yaitu di kalangan temannya. 
 
"Dimulai dari lingkungan sekolah, siswa diharapkan mengenal sistem demokrasi  langsung dan dapat  menggunakan hak-hak suaranya  dalam menentukan pemimpin, dalam hal ini Ketua OSIS," katanya.
 
Lebih jauh ia mengharapkan dengan kegiatan pemilihan Ketua Osis ini, dapat membentuk karakter para siswa. Dimana mereka diajarkan pentingnya kerjasama dalam menyelesaikan masalah hingga mengambil keputusan untuk kepentingan orang banyak. 
 
Sementara, Waka Kesiswaan Firdaus SPdI menambahkan, pemilihan Ketua OSIS diselenggarakan secara pemilihan umum. Tujuannya, membuat siswa mengetahui tahapan pemilu yang dilaksanakan setiap lima tahunan. Dimulai dari pendaftaran nama calon, seleksi, penetapan nama calon, kampanye dan debat kandidat bagi calon ketua OSIS.
 
"Pemilihan Ketua OSIS layaknya Pemilu merupakan kegiatan rutin tiap tahun di SMPN 33 Pekanbaru. Tujuannya memberikan pendidikan demokrasi dan mengenalkan siswa-siswi sejak dini tentang tahapan dalam Pemilu," ujar Firdaus.
 
Ia berharap, kandidat yang bersaing dapat menerima apapun hasil yang diperoleh dan yang terpilih nantinya menjadi sosok dapat memberi contoh positif bagi teman-temannya. 
 
"Semoga ketua Osis yang baru terpilih, dapat mengemban amanah selanjutnya dan organisasi SMPN 33 Pekanbaru semakin maju. Dengan momen bersejarah ini, sangat bermanfaat bagi siswa dan siswi SMPN 33 Pekanbaru ke depannya," harapnya.
 
Adapun ke empat kandidat ketua Osis terpilih adalah, Infantry Pangabean, Gina Sari Pelnia, Anisa Salsarahim dan Megi wahyu.
 
Sedangkan, visi misi yang nanti disampaikan oleh masing-masing kandidat diantaranya:
1. Infantry Pangabean, ingin meningkatkan keharmoniasan, sopan dan ramah lingkungan.
2. Gina, ingin SMPN 33 Pekanbaru bisa lebih maju, meningkatkan ramah lingkungan serta sikap positif dengan yang lain.
3. Anisa, ingin memajukan SMPN 33 Pekanbaru menjadi sekolah yang unggul, aktif dan berprestasi dengan berlandaskan Iman dan Takwa.
4. Megi, ingin menjadikan SMPN 33 sebagai sekolah yang berprestasi dengan berlandaskan Iman dan Takwa. (ade)
 

Akses www.bingkairiau.com Via Mobile m.bingkairiau.com
TULIS KOMENTAR
BERITA TERKAIT
BERITA LAINNYA
BERGABUNG DI SINI
KABAR POPULER