• Follow Us On : 

SMPN 33 Pekanbaru Gelar Pelatihan dan Bimtek Pembina Pramuka K-13

SMPN 33 Pekanbaru Gelar Pelatihan dan Bimtek Pembina Pramuka K-13
Senin, 16 September 2019 - 16:19:34 WIB
Pekanbaru (Bingkai Riau) - Dalam rangka memperdalam ilmu pengetahuan kepramukaan di tingkat pembina, SMPN 33 Pekanbaru mengadakan kegiatan Pelatihan dan Bimbingan Teknis (Bimtek) Pembina Pramuka K-13. Kegiatan tersebut dilaksanakan selama dua hari, 13-14 September 2019.
 
Kepala SMPN 33 Pekanbaru Hj Wijayanti Sri Utari SPd mengatakan, tugas seorang guru bukan hanya sebagai pengajar bidang studi yang diajarkannya, tetapi juga harus mendalami ilmu pengetahuan kepramukaan dan menjadi pembina pramuka. 
 
"Karena tugas pembina pramuka dapat mengamati dan memantau perkembangan serta tingkah laku anak didik secara pribadi maupun kelompok. Pembina juga harus bisa mengajarkan kepada anak didik bagaimana berkomunikasi secara individu dan berkelompok," kata Wijayanti.
 
Wijayanti juga menjelaskan, fungsi dari pelatihan ini untuk memberikan pemahaman kepada para pembina Pramuka terkait dengan peran, tugas dan tanggungjawab sebagai seorang pembina Pramuka.
 
"Selain itu juga untuk meningkatkan mutu pendidikan kepramukaan di gugus depan, sebab peranan pembina Pramuka sangatlah penting. Sehingga perlu selalu meningkatkan kemampuan dan keterampilannya," ungkapnya.
 
Sementara Ketua Panitia Kegiatan Rio Alek Yonatan SPd menambahkan, kegiatan hari pertama yang dilaksanakan di aula sekolah itu menghadirkan narasumber dari Mantan Sekretaris Kwarda Kak Ansyari Kadir dan dihadiri pula oleh beberapa pelatih pramuka lainnya. 
 
Dikatakannya, untuk hari kedua ada kegiatan Teknis Kepramukaan (Tekpram) dan kegiatan tersebut diikuti oleh 32 guru dan staf SMPN 33 Pekanbaru.
 
"Kegiatan ini bertujuan agar guru pembina pramuka dapat memahami, menghayati dan melaksanakan AD & ART gerakan pramuka dan menerapkannya secara efektif, efisien serta menumbuhkembangkan pendidikan budi pekerti siswa di sekolah sehingga mampu berperan aktif dalam masyakat lingkungannya, " tambah Rio.
 
Disampaikannya, pelatihan ini digelar untuk meningkatkan ilmu dan kemampuan kepramukaan para pembina di sekolah. "Melalui pelatihan ini, kita harapkan para peserta bisa mengembangkan ilmu kepramukaan di SMPN 33 Pekanbaru," ujarnya.
 
Rio menjelaskan, fungsi dari pelatihan ini juga untuk memberikan pemahaman kepada para pembina Pramuka terkait dengan peran, tugas dan tanggungjawab sebagai seorang pembina Pramuka.
 
"Selain itu juga untuk meningkatkan mutu pendidikan kepramukaan di gugus depan, sebab peranan pembina Pramuka sangatlah penting, sehingga perlu selalu meningkatkan kemampuan dan keterampilannya," pungkasnya. (ade)
 

Akses www.bingkairiau.com Via Mobile m.bingkairiau.com
TULIS KOMENTAR
BERITA TERKAIT
BERITA LAINNYA
BERGABUNG DI SINI
KABAR POPULER