• Follow Us On : 

Dr Elviriadi: walau hujan, bara gambut belum padam

Dr Elviriadi: walau hujan, bara gambut belum padam Dr. Elvriadi
Jumat, 16 Agustus 2019 - 19:15:16 WIB
Dr Elviriadi: walau hujan, bara gambut belum padam
 
PEKANBARU, (bingkairiau.com)- Walau hujan mengucur sejak malam tadi, kebakaran dilahan gambut tidak padam dengan serta merta. Pernyataan itu disampaikan pakar lingkungan nasional Dr.Elviriadi kepada wartawan bingkairiau.com melalui washap jum'at sore (16 Agustus 2019).
 
 
Ya, gambut dengan kedalaman diatas 6 meter seperti di Langgam sampai ke Teluk Meranti Pelalawan, api dibawah belum bisa padam, karena tipe gambut ombrogen," katanya
 
 
Dia menambahkan, perlu hujan lebat paling kurang 2 hari berturut turut untuk membuat api dilapisan bawah benar bebar mati. "Itupun gambutnya bakal tak padat dan ujung ujungnya rusak juga," ulas peneliti ethnobiology yang sering bolak balik ke luar negeri itu sekaligus 
 
Ketua Majelis LH Muhammadiyah yang dikenal vokal itu memaparkan Setidaknya gambut itu harus diobati total, lakukanlah reboisasi rawa gambut.
 
Ketua Majelis LH Muhammadiyah itu meminta agar DPRD Riau membentuk pansus perda gambut karena gambut di Riau sudah sangat memprihatin serta diikuti dengan membuat pergub gambut Riau tanpa diikat oleh aturan daerah maka setiap tahun pasti terbakar gambut di riau.
 
Sebaliknya kalau dimusim hujan gambut tidak bisa berfungsi menyimpan air sehingga terjadi banjir tutupnya.(rls/untung)
 

Akses www.bingkairiau.com Via Mobile m.bingkairiau.com
TULIS KOMENTAR
BERITA TERKAIT
BERITA LAINNYA
BERGABUNG DI SINI
KABAR POPULER