• Follow Us On : 

SMAN 7 Pekanbaru Distribusikan 315 Kupon Daging, Nurhafni: Membentuk Generasi Emas Berakhlak Mulia

SMAN 7 Pekanbaru Distribusikan 315 Kupon Daging, Nurhafni: Membentuk Generasi Emas Berakhlak Mulia
Selasa, 13 Agustus 2019 - 20:32:34 WIB
Pekanbaru (Bingkai Riau) - SMAN 7 Pekanbaru memotong 4 ekor sapi kurban pada hari raya Idul Adha 1440 Hijriah tahun 2019. Pemotongan hewan kurban ini merupakan yang kedua diltakukan SMAN 7 Pekanbaru dan dilaksanakan di halaman SMAN 7 Pekanbaru, Selasa (13/8/2019).
 
Kepala SMAN 7 Pekanbaru Dr Hj Nurhafni MPd mengatakan, tujuan permotongan hewan kurban ini bagi siswa adalah untuk melatih kepedulian siswa, saling berbagi, meningkatkan rasa kebersamaan dan mencontoh suri tauladan Nabi Ibrahim AS. Selain itu, lanjutnya juga untuk membentuk generasi emas yang beraklhak mulia dan berjiwa sosial.
 
"Pemotongan hewan Kurban di SMAN 7 Pekanbaru ini merupakan partisipasi semua pihak mulai dari guru, pegawai, siswa dan orangtua siswa. Ada sebanyak 315 kupon yang dibagikan panitia kepada siswa kurang mampu dan warga sekitar yang memerlukan," kata Nurhafni.
 
Ia menyampaikan, tahun ini ada yang berbeda dari kurban tahun sebelumnya. Dimana, tahun ini pembungkus daging kurban tidak menggunakan plastik, namun besek yang terbuat dari anyaman daun kelapa. 
 
"Anyaman bambu yang dijalin menjadi wadah ini dapat digunakan sebagai pengganti kantong plastik. Kolaborasi siswa yang baik mampu menghasilkan kreasi anyaman bambu yang unik. Hasil kerajinan siswa ini selain sebagai wujud melestarikan budaya juga bentuk ramah lingkungan karna mengurangi limbah plastik," ungkapnya.
 
Nurhafni menambahkan, sebelum pelaksanaan pemotongan dilakukan, siswa-siswi SMAN 7 Pekanbaru menggelar berbagai kegiatan di antara pembacaan ayat suci Alquran, doa, takbir dan pemotongan hewan kurban oleh pihak panitia (guru, orangtua siswa, komite) sehingga tidak mengganggu proses belajar mengajar siswa. 
 
Lebih jauh dijelaskannya, bahwa tujuan kegiatan ini selain merupakan ibadah juga menanamkan dan mempraktekan karakter ajaran Islam kepada peserta didik untuk saling berbagi kepada masyarakat. 
 
"Dengan demikian makna kurban ini juga dapat menumbuhkan semangat peduli dan membantu kepada sesama yang kurang mampu. Saya juga berharap kepada siswa-siswi, di luar nanti bisa terketuk hatinya untuk berkurban dan mencontoh suri tauladan Nabi Ibrahim AS," harapnya. (ade)

Akses www.bingkairiau.com Via Mobile m.bingkairiau.com
TULIS KOMENTAR
BERITA TERKAIT
BERITA LAINNYA
BERGABUNG DI SINI
KABAR POPULER