• Follow Us On : 

SMPN 31 Lantik Pengurus PIKR, OSIS, Polisi Lingkungan Sekolah, Polisi Keamanan Sekolah dan PMR Madya

SMPN 31 Lantik Pengurus PIKR, OSIS, Polisi Lingkungan Sekolah, Polisi Keamanan Sekolah dan PMR Madya
Senin, 05 Agustus 2019 - 19:14:28 WIB
Pekanbaru (Bingkai Riau) - SMPN 31 Pekanbaru melantik Pusat Informasi dan Konseling Remaja (PIK-R) MANTAP (Menyenangkan, Aman, Nyaman, Tangguh, Aktif dan Prestasi), Senin (05/08/2019). Hal ini dilakukan, sebagai upaya meningkatkan mutu pendidikan dan dalam rangka mendukung program Walikota Pekanbaru, yakni menciptakan sekolah yang berkualitas serta mewujudkan Kota Pekanbaru Smart City Madani.
 
Kepala SMPN 31 Pekanbaru Gusna Dewi MPd menjelaskan, jika pelantikan tersebut dipimpin langsung oleh Kepala Bidang (Kabid) Pembinaan SMP Kota Pekanbaru, Nurbaiti MPd. 
 
Dalam sambutannya, Nurbaiti menyampaikan, bahwasanya SMPN 31 Pekanbaru, selama ini dikenal sebagai sekolah pinggiran. Namun bisa menggali potensi siswa, tidak harus di bidang akademik tapi juga di bidang seni dan olahraga.
 
"Maka organisasi yang ada dibawah naungan OSIS ini bisa menjadi wadah bagi siswa dalam menggali kemampuan dirinya di berbagai bidang. Dan berupaya mengaktualisasikan dirinya baik disekolah, kota, provinsi dan tidak menutup kemungkinan tingkat nasional. Dimana pada tahun 2016 lalu, 2 putra terbaik SMPN 31 Pekanbaru mewakili kota sebagai peserta jambore nasional Pramuka," ujar Nurbaiti. 
 
Ia berharap dengan terbentuk dan dilantiknya PIK-R sekolah, akan terbentuknya generasi berencana yang berkarakter, sehat, cerdas dan ceria. 
 
"PIK-R R ini memiliki beberapa tugas, yakni memperkenalkan kepada siswa tentang No sex bebas, NAFZA, HIV dan pernikahan dini. Selain itu juga memperkenalkan tentang Keluarga sehat, sejahtera," harapnya.
 
Sementara, Dewi mengatakan, anggota PIK-R sendiri, dipilih dari beberapa siswa pilihan yang dibina langsung oleh beberapa guru selaku pendamping. Jadi, boleh dikatakan bahwa PIK-R ini adalah wadah informasi dan konseling sebaya. "Para siswa dapat berkonsultasi dengan teman sebaya. Dengan demikian bisa menjadi generasi berencana dan mampu mempersiapkan diri menjadi generasi emas yang cakap, berkarakter, sehat dan berkualitas," kata Dewi.
 
Dewi menambahkan, selain pelantikan PIK R, juga ada pelantikan OSIS, Polisi Lingkungan Sekolah, Polisi Keamanan Sekolah dan PMR Madya, serta dihadiri pula oleh Kepala Disdalduk KB, Pembina Genre Kota, Adek-adek Genre, Camat, Lurah, RW, RT, Babinsa dan Babinkamtibmas.
 
Ia menyampaikan pesan untuk pengurus baru agar dapat segera bekerja dan melanjutkan program-program kerja serta meningkatkan prestasi.
 
"OSIS adalah ladang dan sarana bagi siswa untuk meraup pengalaman, dan sekaligus meraih prestasi. Manfaatkanlah amanah yang dipercayakan kawan-kawan menjadi pengurus OSIS. Buatlah program yang kreatif untuk meningkatkan kualitas diri, dan jadikan organisasi ini modal untuk menjadi yang terbaik," ucapnya.
 
Dijelaskannya, polisi lingkungan sendiri bertugas membantu pihak sekolah untuk menerapkan lingkungan sekolah yang bersih dan hijau.
 
"Dengan dilantiknya polisi lingkungan, diharapkan akan menumbuh kembangkan budaya cinta lingkungan bersih, indah, hijau, nyaman dan asri,  Pelantikan PIK-R  dan Polisi Lingkungan akan dapat mendongkrak SMPN 31 Pekanbaru menjadi sekolah terbaik di Kota Pekanbaru,'' jelas Dewi.
 
Lebih jauh disampaikan Dewi, tujuan pelantikan ini sebagai bentuk perwujudan dari demokrasi. Dia yakin, ketua serta perangkat yang telah dilantik sangat sesuai dengan keinginan sekolah. 
 
"Saya optimis, mereka dapat membawa kemajuan bagi SMPN 31 Pekanbaru ke arah yang lebih baik, sesuai dengan komitmen kami, mewujudkan SMPN 31 menjadi Sekolah Madani yang tentunya sebagai penunjang visi misi Walikota Pekanbaru, mewujudkan Pekanbaru Smart City Madani," pungkasnya. (ade)
 

 


Akses www.bingkairiau.com Via Mobile m.bingkairiau.com
TULIS KOMENTAR
BERITA TERKAIT
BERITA LAINNYA
BERGABUNG DI SINI
KABAR POPULER